Hebat! Orang Ini Akan Pergi Haji Naik Sepeda Motor dari Indonesia ke Mekkah

Nusantaratv.com - 24/05/2022 10:52

Lilik Gunawan bersama Hidayat Nur Wahid. (timesindonesia.co.id)
Lilik Gunawan bersama Hidayat Nur Wahid. (timesindonesia.co.id)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Masih ingat dengan Lilik Gunawan, pemotor yang pada 2019 lalu pergi umrah dengan bersepeda motor membawa anaknya yang masih berusia 4 tahun? Ternyata perjalanannya ke Mekkah saat itu bukanlah perjalanan pertama dan terakhirnya, karena tak lama lagi Lilik akan kembali bersepeda motor menyambangi negeri petro dolar tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW itu. 

Jika pada perjalanan pertamanya ia hanya berdua dengan anaknya, kini Lilik akan pergi bersama teman-temannya menggunakan 17 sepeda motor. Lilik dan teman-temannya bertekad dapat menunaikan ibadah haji pada tahun 2022 ini. 

Lilik Gunawan bersama Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid.

Pada 2019 itu ia sukses mengaspal dengan motor selama delapan bulan dari Jambi ke Arab Saudi dengan tujuan umrah.“Dari keberhasilan itu, kami berencana akan mengulanginya untuk beribadah haji. Kali ini, saya akan melakukan bersama tim sekitar 17 sepeda motor,” katanya seperti dikutip dari era.id.

Rencana Lilik itu pun direspons Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid “Kegiatan tersebut menurut saya, memiliki sisi positif yang baik untuk bangsa yakni, bisa memperkenalkan Indonesia kepada banyak warga dunia tentang Indonesia,” kata Hidayat, Senin (23/5/2022).
 
Menurut HNW, dalam perjalanan Lilik pasti banyak bersinggah dan menginap sementara di kota-kota atau desa-desa sepanjang jalur yang dilaluinya.
 
“Sudah pasti akan ada interaksi di situ, yang kemudian dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia,” kata HNW saat menerima kunjungan Lilik di Ruang Kerjanya di Gedung Nusantara III, Lantai 9, Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.
 
Dia sangat mengagumi semangat beribadah Lilik, dengan pergi menggunakan sepeda motor ke Mekkah tentu akan banyak tantangan dihadapi Lilik dan kawan-kawan. Selain perjalanan yang panjang, juga medan berat di tiap-tiap negara yang akan dilaluinya. Kesulitan dan kendala pasti akan ditemui selama dalam perjalanannya.

Baca Juga: Jaga Kaki Kita! Penuaan Dimulai dari Kaki Lalu ke Atas

Menurut HNW, perjalanan darat untuk berhaji memang banyak dilakukan umat Islam dari berbagai negara terutama di seputar Arab Saudi. Di Indonesia, menurut dia, memang ada, namun masih sedikit jumlahnya mengingat jaraknya yang sangat jauh dan tingkat kesulitan tinggi.
 
HNW mengapresiasi kedatangan Lilik ke MPR RI karena hal itu menandakan kepercayaan kepada MPR serta menjadi bagian dari kegiatannya.
 
“Ini membuktikan bahwa rakyat sudah tidak canggung lagi karena ini adalah rumah rakyat dan rumah kebangsaan. Di sinilah tempat kita semua berbagi dan saling mengisi,” kata dia.

HNW berharap perjalanan Lilik dan tim bisa terealisasi tahun ini dan menitip doa agar bangsa dan negara menjadi lebih baik pasca diterpa pandemi COVID-19.


 
“Jika berhasil masuk Arab Saudi kemudian melakukan ibadah haji, saya titip doa untuk bangsa, negara, dan rakyat Indonesia agar selalu dilindungi Allah SWT. Semoga bangsa ini bisa segera terbebas dari kesulitan terutama dari pandemi COVID-19 dan Indonesia bisa bangkit kembali,” ucapnya.
 
Lilik menyampaikan jika visa cepat selesai, maka dia bersama rombongan akan langsung berangkat pekan depan dari Jakarta menuju Makkah.

 “Maka dari itulah, kami mendatangi Bapak HNW di gedung rakyat ini untuk minta dukungan dan doa,” ujarnya.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in