Haruskah Kita Minum Air Setelah Secangkir Teh?

Nusantaratv.com - 24/05/2022 19:00

Ilustrasi minum air / wellandgood.com
Ilustrasi minum air / wellandgood.com

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Berapa kali Anda mendengar bahwa Anda tidak boleh minum air setelah minum teh panas? Apakah itu benar-benar berbahaya bagi kesehatan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Anda pasti sudah ribuan kali mendengar bahwa minum air putih setelah minum teh atau kopi tidak baik untuk Anda. Tapi apakah itu benar? Apa yang bisa dilakukan segelas air murni untuk kesehatan jika dianggap sebagai minuman paling manjur dari semuanya? Apakah karena mencampur minuman panas dan dingin menjadi satu? Mari kita cari tahu.

Apakah Anda bangun dengan segelas teh atau kopi panas di pagi hari? Tetapi setiap kali Anda meraih tangan Anda untuk minum segelas air setelahnya, tiba-tiba sebuah suara di kepala Anda berkata, "Kamu tidak boleh minum air setelah minum teh?"

Ada sedikit atau tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum air setelah minum teh berbahaya bagi kesehatan Anda. Namun, diyakini bahwa minum air segera setelah minum minuman panas seperti teh dapat menyebabkan masalah seperti penyakit pirorea dan masalah pencernaan seperti keasaman atau rasa sakit.

Minum Air Sebelum Teh/Kopi?

Alasan minum segelas air sebelum teh atau kopi adalah untuk menurunkan tingkat keasaman di perut. Teh memiliki pH sekitar 6 (asam), sedangkan kopi memiliki pH sekitar 5 (yang juga termasuk dalam kisaran asam). Dengan kata lain, minum teh atau kopi di pagi atau sore hari dapat meningkatkan risiko keasaman dan dapat menyebabkan penyakit akut, maag dan kanker.

Para ahli mengatakan bahwa minum air sebelum teh atau kopi dapat membantu menurunkan kadar asam di perut tetapi juga mengurangi kerusakan lambung dan kesehatan secara keseluruhan. Karena kandungan asamnya yang tinggi, teh juga mengurangi efek teh pada gigi. Minum air juga membuat tubuh terhidrasi dan membantu menghilangkan polutan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in