Hari Ini Jokowi Lantik Rosan dan Fadjroel Jadi Dubes

Nusantaratv.com - 25 Oktober 2021

Rosan Roeslani. (Net)
Rosan Roeslani. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik calon duta besar (dubes) RI untuk sejumlah negara sahabat pada Senin (25/10/2021) pagi. Salah satunya Fadjroel Rachman, yang menjadi Duta Besar RI untuk Kazakhstan.

Selain itu, ada juga Rosan Roeslani yang bakal dilantik menjadi Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS). Total ada 17 dubes yang akan dilantik hari ini.

"Dubes Kazakhstan. Rosan Roeslani Dubes Amerika Serikat. Febriarn A Ruddyard Dubes PBB di Jenewa. Armanatha Nasir Dubes PBB," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, melalui pesan singkat, Senin (25/10/2021).

Jubir Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, sebelumnya juga menyampaikan mengenai rencana pelantikan para dubes ini. Pelantikan digelar setelah calon dubes memperoleh persetujuan dari negara sahabat.

"Memang dalam waktu dekat akan ada pelantikan beberapa dubes yang telah memperoleh persetujuan (agreement) dari negara yang diakreditasikannya," kata Faizasyah, Kamis (21/10/2021).

Komisi I DPR RI sebelumnya menggelar uji kelayakan terhadap 33 calon Dubes RI pada 12-14 Juli 2021. Fit and proper test dilakukan dalam beberapa sesi.

Terdapat nama-nama sejumlah tokoh yang mengikuti uji kelayakan tersebut. Ada Fadjroel Rachman, Arrmanatha Nasir, Rosan Roeslani, hingga Zuhairi Misrawi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])