Hamil Duluan, 266 Remaja Ponorogo Ajukan Pernikahan Dini

Nusantaratv.com - 13 Januari 2022

Ilustrasi pernikahan dini. (Net)
Ilustrasi pernikahan dini. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sebanyak 266 remaja di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) mengajukan dispensasi nikah di kantor Pengadilan Agama (PA). Ini terjadi lantaran mereka sudah hamil duluan.

Humas Sukahata Wakano menjelaskan, data dispensasi nikah tahun 2020 sebanyak 241 perkara. Sementara tahun 2021 meningkat menjadi 266 perkara.

"Kenaikan terlihat ketika UU perkawinan berubah. Langsung melonjak," ujar Sukahata, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, biasanya lulus SMA bisa langsung menikah. Sekarang sudah tidak bisa. Usia 18 tahun harus mengajukan permohonan menikah baik ke KUA maupun PA.

"Dari sekian perkara ini rata-rata adalah hamil duluan. Usianya bervariasi, ada yang usia 17 tahun hamil, 18 tahun hamil, 15 tahun juga ada," imbuhnya.

Langkah dispensasi nikah ini, lanjut Sukahata, ketika pihak wanita sudah hamil, pihak laki-laki mengaku dan untuk menyelamatkan bayi. Menurutnya, saat itu negara hadir untuk menjamin bayi dengan dispensasi nikah.

"Dari 266 kasus yang ada, Married by Accident (MBA) 65 persen. Sisanya memang ada yang sudah berhubungan suami istri. Juga takut zina dan fitnah," paparnya.

Sementara selama ini, perkara yang paling banyak ditemui berada di daerah perbatasan kabupaten atau kecamatan terluar di Ponorogo. Penyebabnya, karena kurangnya pengawasan dari orang tua.

"Karena orang tua bekerja di luar negeri, biasanya yang mengajukan dispensasi pamannya," terang Sukahata, mengutip Detik.com. 

Selain itu, faktor di masa pandemi anak-anak dibebaskan menggunakan alat komunikasi. Sehingga biasanya dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik.

"Semua pegang android. Harusnya negara terlibat. Penasaran mau coba-coba. Terlalu mudah untuk diakses. Apalagi anak-anak sekarang penasarannya luar biasa. Peluang komunikasi dengan pacar jadi banyak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Ilustrasi-1646394631
Bupati Gorontalo Utara-1646273134