Gunung Berapi Otake Jepang Meletus, Muntahkan Batu Besar Sejauh 1 Km

Nusantaratv.com - 17/09/2021 11:37

Ilustrasi gunung berapi. (BBC)
Ilustrasi gunung berapi. (BBC)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah gunung berapi di barat daya Jepang, Gunung Otake meletus pada Jumat (17/9/2021) pagi waktu setempat.

Letusan yang memuntahkan batu-batu besar sejauh 1 km dari kawah memicu badan meteorologi untuk menaikkan tingkat kewaspadaan guna membatasi aktiviats warga di sekitar gunung.

Dikutip dari Japan Today, Jumat (17/9/2021), letusan terjadi di kawah Gunung Otake di Pulau Suwanose, Prefektur Kagoshima sekitar pukul 02:12 waktu setempat. Tidak ada laporan korban jiwa dan luka-luka dalam letusan Gunung Otake. 

Badan Meteorologi Jepang menaikkan tingkat siaga menjadi 3 pada skala 5, yang berarti warga tidak boleh mendekati gunung. Badan tersebut juga memperingatkan potensi batu besar yang akan terlempar ke udara dalam radius sekitar 2 km dari kawah gunung 799 meter di desa Toshima.

Menurut badan tersebut, beberapa ledakan terjadi di kawah pada Kamis (16/9/2021). Setelah letusan Jumat (17/9/2021) pagi waktu setempat, pemerintah juga mendirikan kantor penghubung di kantor perdana menteri untuk mengumpulkan informasi.

Suwanose, sebuah pulau vulkanik dengan populasi kurang dari 100, terletak di selatan pulau utama paling selatan Jepang, Kyushu.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in