Gubernur Papua Ajak Lihat Tambang Emas Miliknya, Ini Jawaban KPK

Nusantaratv.com - 26 September 2022

Gubernur Papua Lukas Enembe. (Net)
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjawab pernyataan salah satu kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe mengenai ajakan ke Papua untuk membuktikan kepemilikan tambang emas milik Lukas. KPK meminta hal itu disampaikan langsung ke penyidik KPK kala pemeriksaan.

"Saya ingin sampaikan kepada saudara penasihat hukum, ini yang kami sayangkan, kenapa? Seharusnya sampaikan lah langsung di hadapan tim penyidik KPK," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Ali mengatakan, sejatinya proses pembuktian terbalik yang disinggung oleh pihak Lukas Enembe itu hanya bisa disampaikan kepada penegak hukum. Ia menyayangkan pihak Lukas menyampaikan hal itu di ruang publik.

"Kalau memang ingin sebagai pembuktian terbalik, itu sampaikan kepada penegak hukum, jadi bukan di ruang-ruang publik," kata Ali.

"Dan justru kemudian kan, kami sayangkan tidak hadir tersangka atau pun penasihat hukumnya untuk mendampinginya, tetapi kemudian membangun narasi dan opini di luar," imbuhnya.

Ali mengatakan bahwa pembangunan narasi di publik itu bukanlah sebuah pembuktian perkara hukum. Menurutnya, pembuktian itu harus disampaikan di tempat dan waktu yang sesuai dengan koridor hukum.

"Bagi kami itu bukan sebuah pembuktian, karena pembuktian perkara itu harus disampaikan pada tempat dan waktu yang tepat," kata dia.

Terakhir, Ali pun menegaskan bahwa KPK tidak akan ke Papua untuk melakukan pemeriksaan Lukas Enembe.

"Ya ini kan kami memanggil tersangka, bukan kami yang disuruh ke sana," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])