Gubernur Kalsel Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir

Nusantaratv.com - 19 Maret 2023

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersama Penjabat Bupati Barito Kuala Mujiyat menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Jejangkit dan Mandastana, Sabtu (18/3/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO BATOLA.
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersama Penjabat Bupati Barito Kuala Mujiyat menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Jejangkit dan Mandastana, Sabtu (18/3/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO BATOLA.

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersama Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat menyalurkan berbagai bantuan untuk warga terdampak banjir di dua kecamatan di Kabupaten Barito Kuala.

Bantuan itu berupa makanan siap saji, beras, gula hingga minyak goreng, termasuk alas tidur berupa kasur, tikar plastik, dan nasi bungkus dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Barito Kuala masing-masing 50 bungkus. "Bantuan ini sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat terdampak banjir," ujar Sahbirin Noor di Jejangkit, Minggu.

Gubernur Kalsel berharap masyarakat di dua kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Jejangkit dan Mandastana.Batola selalu diberikan kesabaran menghadapi musibah tersebut.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Kuala Budimansyah menuturkan kendati tidak separah banjir yang terjadi pada awal 2021, kondisi tersebut mengganggu aktivitas warga setempat.

Berdasarkan data BPBD Barito Kuala ada tujuh desa di Jejangkit terendam banjir. "Banjir disebabkan air kiriman dari kabupaten tetangga (Banjar) dan pasang surut Sungai Barito," kata Budimansyah.

Selain pemukiman warga, Budimansyah menyebutkan sekitar 3.000 hektare lahan pertanian juga terendam.

"Ini berpotensi menyebabkan gagal panen, jika debit air belum normal dalam waktu dekat," ucap Budimansyah.

Selepas memberikan bantuan, Penjabat Bupati Barito Kuala bersama Gubernur Kalsel melanjutkan peninjauan berkeliling ke sejumlah desa di Kecamatan Jejangkit hingga ke Kabupaten Banjar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])