GM Perpanjang Setop Produksi Chevrolet Bolt EV Hingga Oktober

Nusantaratv.com - 17 September 2021

Chevrolet Bolt EV sedang melakukan pengisian daya. (Driving)
Chevrolet Bolt EV sedang melakukan pengisian daya. (Driving)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - General Motors (GM) Co., mengatakan pihaknya akan memperpanjang penghentian produksi Chevrolet Bolt EV di pabrik perakitan Michigan, Amerika Serikat (AS), hingga pertengahan Oktober mendatang.

Keputusan itu diambil menyusul penarikan terbaru kendaraan listrik Chevrolet Bolt karena masalah baterai setelah 12 laporan kebakaran, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/9/2021).

Produsen mobil terbesar di AS itu mengatakan, perpanjangan penghentian produksi di pabrik Orion Assembly akan berlangsung setidaknya hingga 15 Oktober.

Perusahaan juga menyebutkan pihaknya memangkas produksi di enam pabrik perakitan Amerika Utara lainnya karena kekurangan chip semikonduktor global yang sedang berlangsung sampai dengan saat ini. 

GM mengatakan tidak akan melanjutkan produksi atau penjualan Chevrolet Bolt EV sampai benar-benar perbaikan telah dilakukan untuk mengatasi masalah risiko kebakaran.

Pada Agustus lalu, GM memperluas penarikan Chevrolet Bolt EV menjadi lebih dari 140.000 kendaraan untuk menggantikan modul baterai, dengan menelan biaya yang saat ini diperkirakan mencapai US$1,8 miliar atau sekitar Rp25,6 triliun.

Baca Juga: General Motors Minta Pemilik Chevrolet Bolt EV Parkir 15 Meter dari Kendaraan Lain

Produsen mobil itu mengatakan akan mencari penggantian dari pemasok baterai LG. GM juga menegaskan tambahan penghentian produksi tiga pekan di pabrik kendaraan listrik Chevrolet Bolt datang karena mereka terus bekerja dengan pemasok untuk memperbarui proses manufaktur.

Awal bulan ini, GM terpaksa menghentikan sementara produksi di sebagian besar pabrik perakitannya di Amerika Utara akibat krisis chip semikonduktor.

Pengurangan produksi baru termasuk pabrik Lansing, Michigan, yang membangun Chevrolet Traverse dan Buick Enclave. GM juga memangkas produksi kendaraan SUV (sport utility vehicle) seperti Chevrolet Equinox, Blazer dan GMC Terrain di pabrik Meksiko dan Kanada.

Perusahaan itu juga akan membuat pengurangan produksi lebih lanjut di pabrik Michigan dan Kansas yang membuat mobil Chevrolet Camaro dan Malibu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])