Geruduk Grahadi, Ribuan Bonek Serukan Revolusi Sepakbola Indonesia

Nusantaratv.com - 25 November 2021

Bonek serukan revolusi sepakbola Indonesia/ist
Bonek serukan revolusi sepakbola Indonesia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Surabaya, Nusantaratv.com-Ribuan suporter Persebaya Surabaya, Bonek menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/11/2021). Memakai pakaian serba hitam dan hijau bertuliskan Persebaya, bonek menyerukan revolusi sepakbola Indonesia. 

Dalam aksinya kali ini, bonek yang memadati lokasi sejak pukul 13.00 WIB turut membawa bendera dan flare warna merah serta biru.

"Kita di sini berkumpul untuk membuat sepakbola di Indonesia Lebih baik. Salam satu nyali wani," kata seorang orator.

Ditemui di lokasi aksi, Penanggung jawab aksi, Andy Kristianto mengatakan, aksi tersebut bertujuan agar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), membuat pertandingan yang jujur dan suportif.

"Suporter sepak bola Indonesia memang tidak diakui dalam statuta PSSI. Tetapi, harapan dan keinginan sangatlah besar merasakan dan melihat sepak bola Indonesia yang jujur, sportif dan berkemajuan," ujarnya.

"Faktanya, sampai sekarang PSSI belum menunjukkan sistem yang baik untuk sepak bola nasional. Contohnya buruknya kinerja wasit, suap dan pengaturan skor, kompetisi yang amburadul dan lain-lain," imbuhnya.

Baca juga: Perserang-Serang Pecat 5 Pemain dan Pelatih yang Diduga Melakukan Pengaturan Skor

Guna mengantisipasi situasi dan kondisi di lokasi aksi, petugas gabungan terdiri dari polisi, Satpol PP dan Linmas bersiaga di lokasi. Kawat berduri dipasang mengelilingi bagian depan Gedung Grahadi dan di halaman depan Taman Apsari.

Selain mengamankan jalannya aksi, polisi juga menyediakan mobil masker dan vaksin untuk Bonek Mania yang mengikuti aksi. Pihaknya mengingatkan agar tetap menjalankan prokes.

Aksi simpatik yang dilakukan bonek mendapat apresiasi dari Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan.

Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Bonek Mania. Karena telah menyampaikan aspirasi dengan baik dan damai.

"Saya apresiasi sudah tertib dan sportif kepada rekan-rekan Bonek Mania. Alhamdulillah berjalan lancar," kata Yusep mengutip detikcom.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])