Genesis Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah di Mobil Sport Listrik GV60

Nusantaratv.com - 17 September 2021

Genesis GV60 mengimplementasikan 'Face Connect'. (Hyundai Motor)
Genesis GV60 mengimplementasikan 'Face Connect'. (Hyundai Motor)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Genesis, merek mewah independen dari Hyundai Motor Co., bakal menerapkan teknologi pengenalan wajah pada mobil sport listrik pertama mereka, Genesis GV60.

Menurut produsen mobil, teknologi baru yang dijuluki 'Face Connect' itu akan memungkinkan pengemudi mengontrol mobil, mulai dari membuka pintu dan menyalakan mobil menggunakan data biometrik sebagai kunci pintar.

Hal ini memungkinkan pengemudi menutup mobil dengan kunci pintar di dalamnya, atau tidak perlu membawa kunci sama sekali, seperti dikutip dari Korea Herald, Jumat (17/9/2021).

"Ketika sistem mengenali wajah yang telah didaftarkan sebelumnya, maka akan secara otomatis mempersonalisasi kendaraan, menyesuaikan tempat duduk, setir, kaca spion, dan sistem infotainment," kata produsen mobil itu. 

Baca Juga: Penjualan SUV Genesis Tembus 100.000 Unit dalam 18 Bulan

Teknologi ini akan diimplementasikan pertama kalinya di Genesis GV60, model SUV (sport utility vehicle) listrik pertama Genesis berdasarkan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yakni platform khusus untuk kendaraan listrik. Model ini direncanakan meluncur sebelum akhir tahun.

Hingga dua wajah dapat didaftarkan di 'Face Connect', dengan bio-data yang dikodekan untuk melindungi dari kebocoran, kata produsen mobil itu. Jika pengemudi mau, data bisa juga langsung dihapus.

Hyundai mengatakan 'Face Connect' mengambil pendekatan pengenalan wajah near-infrared, sehingga dapat mempertahankan tingkat kemampuan pengenalan yang sama dalam cuaca buruk dan pada malam hari. 

"Ini juga didasarkan pada teknologi pembelajaran mendalam untuk secara akurat mengidentifikasi wajah-wajah yang telah didaftarkan sebelumnya," jelas produsen mobil itu.

Hyundai menyebut karena sistem pengenalan sidik jari juga akan dilengkapi di Genesis GV60, pengemudi dapat mengendalikan mobil sepenuhnya hanya dengan data biometrik yang terdaftar.

Dengan teknologi koneksi baru, perusahaan mengatakan berusaha untuk memperkuat perasaan koneksi bagi pengemudi dengan mobil mereka. "Kami berharap Face Connect akan meningkatkan pengalaman pengemudi dengan mobil," kata seorang pejabat Genesis.

"Kami akan terus bekerja untuk teknologi inovatif yang berpusat pada manusia, sehingga pengemudi dapat lebih terhubung dengan mobil," tukasnya.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])