Gelar Silaturahmi Forkomimko Sambil Nobar Piala Dunia 2022, Wali Kota Jakarta Timur: Lebih Baik Bantu Sesama daripada Tawuran

Nusantaratv.com - 07 Desember 2022

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota Jakarta Timur bersinergi dengan Polres, Kodim 0505/JT, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar kegiatan silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkomimko) Jaktim di di Taman C. Simanjuntak, Jalan Cipinang Cempedak I RT. 011/03 Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara Kota Administrasi Jakarta Timur pada Selasa (6/12/2022) malam.

Hadir Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono, Dandim 0505 Jakarta Timur Kolonel ARM Yogo Widiyatmoko, Kepala Kejaksaan Negeri dan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Menariknya, kegiatan kali ini digelar sambil nonton bareng pertandingan babak 16 Besar  Piala Dunia Sepak Bola 2022 yang mempertemukan Spanyol kontra Maroko. Apalagi Forkomimko dengan dukungan dari sejumlah mitra antara lain, PLN, PD Pasar Jaya, Biznet juga menyediakan hadiah atau doorprize berupa sepeda, kompos gas, kipas angin dan lainnya.

Wali Kota Jakarta Timur besama Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon

Turut hadir Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Hadir juga Direktur Utama Nusantara TV, Randy Monthonaro dan Direktur Dimpos Giarto Valentino , Lurah Kelurahan Cipinang Cempedak Abdul Muin, perangkat RT/RW, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat  (FKDM)  dan Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) serta Organisasi Kemasyarakatan se-Kota Administrasi Jakarta Timur.

Usai perhelatan, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan kepada media tujuan dari kegiatan silaturahmi Forkomimko adalah untuk menjalin ukuwah atau kebersamaan demi mempererat kerukunan antar warga. 

“Alhamdulillah kita bisa mengadakan nobar di depan rumah dinas Wali Kota di Taman C Simanjuntak dengan masyarakat dalam rangka menjalin silaturahmi Forkomimko dengan masyarakat,” kata Muhammad Anwar. 

Muhammad Anwar mengaku sangat berbahagia dengan kehadiran Anggota DPR RI Sondang Tampubolon dan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dalam kegiatan silaturahmi Forkomimko malam ini yang dikemas sambil nobar Piala Dunia 2022. 

“Merupakan kebahagiaan kita bersama pada malam ini turut hadir Anggota DPR RI Ibu Sondang Tampubolon dan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Melalui kegiatan silaturahmi ini kami ingin menjalin ukuwah atau kebersamaan demi menciptakan Jakarta Timur yang lebih aman, rapi dan nyaman,” ujar Muhammad Anwar.

“Karena saya, Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri tidak bisa bekerja sendiri. Kita harus bekerja sama dengan masyarakat,” tandasnya.

Muhammad Anwar menyampaikan sebetulnya Forkomimko Jakarta juga telah merancang sejumlah kegiatan lain, seperti kegiatan olahraga, kerja bakti dan lainnya. 

“Termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sosialisasi dan sebagainya dalam rangka mempererat hubungan antar warga di Jakarta Timur,” tutur Muhammad Anwar.

“Tujuannya bagaimana Jakarta Timur bisa menjadi contoh untuk kota-kota lain. Dalam hal kebersamaannya karena secara geografis Jakarta Timur sangat luas mencapai 180,3 ribu meter persegi,” terang Muhammad Anwar.

Selain memiliki area yang luas, sambung Muhammad Anwar, penduduk Jakarta Timur juga paling padat. 

“Di sini banyak pemukiman. Pemukiman kan banyak interaksi masyarakat. Mobilisasi tinggi. Karena itu perlu menjalin kebersamaan dengan mengadakan kegiatan seperti ini. Demi mewujudkan masyarakat yang guyub dan kompak sesuai dengan arahan Pak Pj Gubernur DKI Jakarta,” papar Muhamad Anwar. 

Muhammad Anwar mengaku bersyukur dalam beberapa bulan terakhir tidak ada lagi warga yang terlibat tawuran. 

“Terakhir bulan lalu terjadi tawuran di Gang Mayong Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara Jaktim. Kita sudah deklarasikan bersama para tokoh masyarakat dan Forkomimko. Kita briefing mereka semuanya, memberikan kesadaran untuk menyerahkan senjata tajam-senjata tajam yang disimpan di rumah mereka,” ungkap Muhammad Anwar. 

“Mereka sudah buat komitmen dan menandatangani perjanjian tidak akan tawuran lagi. Akan lakukan aksi yang positif. Contohnya kerja bakti, jaga kampung, saling gotong-royong. Menjaga kebersamaan di wilayahnya,” kata Muhammad Anwar. 

Para penerima hadiah doorprize

Muhammad Anwar menekankan pentingnya membangun kebersamaan dan kerukunan di tengah masyarakat. Terlebih sebentar lagi Indonesia termasuk warga di Jakarta akan menghadapi tahun politik. 

“Kita sebentar lagi masuk tahun politik. Kalau tidak solid dan rukun kita bisa alami kerugian,” tandas Muhammad Anwar.

“Kita boleh beda agama, boleh beda suku tetapi kita adalah Bhineka Tunggal Ika.  Berbeda-beda tetapi tetap satu. Kita pertahankan kebersamaan Jakarta Timur. Lebih baik kita membantu sesama saudara kita daripada tawuran,” pungkas Muhammad Anwar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])