Fosil Tengkorak Manusia Berusia 32.000 Tahun Ditemukan di Henan China

Nusantaratv.com - 28 September 2021

Fosil tengkorak manusia yang digali dari situs gua di Lushan, Provinsi Henan, China tengah. (Xinhua News)
Fosil tengkorak manusia yang digali dari situs gua di Lushan, Provinsi Henan, China tengah. (Xinhua News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah fosil tengkorak manusia berusia 32.000 tahun ditemukan di situs gua di Provinsi Henan, China tengah, kata otoritas arkeologi setempat, Senin (27/9/2021).

Situs gua ini terletak di Kotapraja Guanyinsi, Kabupaten Lushan. Penelitian arkeologi paleolitik sebelumnya di daerah tersebut telah menemukan fosil manusia, fosil hewan, dan peralatan batu.

"Ada dua gua di situs tersebut, dengan satu gua berdiri dengan panjang 9 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3,9 meter, dengan luas 30 meter persegi," kata seorang arkeolog, Zhao Qingpo, dikutip dari Xinhua, Selasa (28/9/2021).

Dia menambahkan gua itu jauh lebih besar dibandingkan gua-gua sebelumnya yang ditemukan di wilayah tersebut.

Selain fosil gigi dan tengkorak, para arkeolog juga menemukan lebih dari 10.000 fragmen tulang kuda, kambing, beruang, rusa, babi hutan, dan serigala, yang berusia sekitar 30.000 hingga 40.000 tahun. Peralatan batu termasuk serpihan batu dan pengikis juga digali dari lokasi.

Antropolog mengatakan dua fosil tengkorak manusia yang ditemukan di situs gua itu diidentifikasi masing-masing berusia 32.000 dan 12.000 tahun melalui metode penanggalan seri uranium. Bekas artefak tersebut merupakan fosil manusia modern awal yang paling awal diketahui di provinsi tersebut.

"Temuan baru ini sangat penting untuk mempelajari asal usul dan perkembangan manusia modern di China," tukas Presiden Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Provinsi Henan, Liu Haiwang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])