Ford Setop Produksi Mobil di India, Mengapa?

Nusantaratv.com - 10 September 2021

Ilustrasi Ford. (The Verge)
Ilustrasi Ford. (The Verge)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford bakal berhenti memproduksi mobil di India.

Tak hanya itu, perusahaan juga berencana menutup kedua pabriknya di negeri Bollywood tersebut, seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/9/2021).

Ford mengatakan akan menutup pabrik di negara bagian Gujarat dan Tamil Nadu pada kuartal kedua (Q2) 2022, namun mereka akan tetap memproduksi mesin mobil untuk ekspor.

Ford menjadi produsen mobil terbaru yang meninggalkan India dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2017, General Motors (GM) berhenti memproduksi mobil untuk pasar India.

Pada tahun lalu, Harley-Davidson menghentikan produksi dan secara besar-besaran mengurangi operasi penjualannya di pasar sepeda motor terbesar di dunia.

"Ford mengalami kerugian operasional lebih dari US$2 miliar selama dekade terakhir di India dan permintaan untuk kendaraan baru telah melemah," kata perusahaan itu.

Produsen mobil yang memproduksi lima model untuk pasar lokal, mengatakan akan terus memberikan layanan pemeliharaan, suku cadang dan dukungan garansi kepada pelanggan yang sudah ada.

Ford juga akan beralih ke kendaraan global ikonik dan SUV (Sport Utility Vehicle) listrik di masa depan, kata pernyataan itu, kendati tidak jelas apakah itu akan dibuat di India.

Ford telah memproduksi mobil di India selama 25 tahun, dan mereka telah berjuang untuk melawan bersaing. Menurut laporan, Ford memiliki pangsa kurang dari 2 persen dari pasar kendaraan penumpang dan perusahaan tersebut berada di peringkat kesembilan dalam daftar produsen mobil terbesar di negara itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])