Edisi Pertama Buku "Harry Potter" Terjual Rp6,7 Miliar

Nusantaratv.com - 11 Desember 2021

Buku Harry Potter. (net)
Buku Harry Potter. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Buku "Harry Potter" edisi pertama terjual seharga 471.000 dolar AS atau setara Rp6,7 miliar di Amerika Serikat pada Kamis (9/12). Harga tersebut disebut-sebut sebagai harga rekor dunia untuk sebuah karya fiksi abad ke-20.

Edisi Inggris tahun 1997 "Harry Potter dan Batu Bertuah" dengan ilustrasi berwarna di sampul dideskripsikan oleh Heritage Auctions sebagai buku yang ajaib dan luar biasa.

Rumah lelang yang berbasis di Dallas mengatakan hanya 500 eksemplar dengan penjilidan khusus yang dicetak. Harga akhirnya berjumlah lebih dari enam kali perkiraan pra-penjualan sebesar 70.000 dolar AS.

Harga lelang Harry Potter edisi pertama sebelumnya berkisar antara 110.000 dan 138.000 dolar AS.

"Tidak hanya itu buku Harry Potter termahal yang pernah dijual, ini juga merupakan karya fiksi komersial abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dijual," kata Wakil Presiden Eksekutif Heritage Auctions Joe Maddalena dalam sebuah pernyataan, mengutip Antaranews.

Buku itu dijual oleh seorang kolektor Amerika dan nama pembelinya tidak diungkapkan.

Penulis Inggris J.K. Rowling menulis enam buku lanjutan Harry Potter, petualangan anak yatim piatu yang ternyata seorang penyihir. Buku ini telah terjual sekitar 500 juta kopi di seluruh dunia dalam 80 bahasa, kata penerbit AS Scholastic. 

Buku-buku itu diadaptasi menjadi delapan film yang menghasilkan 7,8 miliar dolar AS di box office global.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])