Earth Festival 2022 diharapkan Pupuk Kepedulian Terhadap Lingkungan

Nusantaratv.com - 25/11/2022 13:54

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno saat menghadiri jumpa pers "UMKM Kuliner Berkelas karena Kualitas" di Jakarta, Rabu (23/11/2022) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno saat menghadiri jumpa pers "UMKM Kuliner Berkelas karena Kualitas" di Jakarta, Rabu (23/11/2022) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan Earth Festival 2022 dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, terutama dalam memupuk kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dan budaya.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan Earth Festival 2022 sebagai salah satu festival yang diharapkan mampu mendorong pengembangan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia,” kata Menparekraf dalam Weekly Brief with Sandi Uno sebagaimana dikutip dalam dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Rencananya, Earth Festival 2022 digelar di Senayan Park Jakarta pada 26-27 November 2022. Acara tersebut akan mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian pada bumi dan keberlangsungan lingkungan hidup.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani mengatakan pihaknya mendukung Earth Festival 2022 sebagai kegiatan yang selaras dengan arah pengembangan pariwisata Indonesia menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Earth Festival 2022 akan diisi dengan berbagai talkshow yang menghadirkan berbagai narasumber serta eartharium, yakni instalasi seni yang mengangkat tema kebersihan dan kesehatan laut.

"Earth Festival ini juga ada kaitannya dengan wellness, karena di dalamnya nanti akan ada festival makanan vegan. Ini sangat selaras dengan program kita di Kemenparekraf, salah satunya yaitu ekowisata dan pariwisata berkelanjutan," ujar Rizki.

Wakil Bupati Belitung sekaligus Penasehat Earth Festival Indonesia 2022 Isyak Meirobie menyatakan Earth Festival 2022 menyuguhkan hal-hal baru yang akan menjadikan acara ini menjadi lebih bervariasi sebagai event pariwisata dan melibatkan masyarakat agar mencintai lingkungan.

"Ini sejalan dengan Deklarasi G20 kemarin yang di dalamnya ada tentang pembangunan yang inklusif, berkelanjutan, dan transisi hijau. Jadi ini implementasi yang sangat konkret, ini aksi nyata, komitmen kita, konsistensi kita, bagaimana kita bisa menstimulasi ekonomi wisata dan ekonomi kreatif secara lebih nyata begitu," katanya.

Earth Festival 2022 menjadi sarana edukasi bagi generasi muda mengingat banyak sekali generasi muda yang masih belum memahami sepenuhnya bagaimana cara menjaga bumi dengan baik.

Ketua Panitia Earth Festival Indonesia 2022 Vincent Tenggara menambahkan bahwa eartharium yang bakal mengangkat tema tentang kebersihan dan kesehatan laut nantinya dihadirkan dalam area seluas 200 meter persegi. Banyak instalasi-instalasi yang mengangkat soal kebersihan laut Indonesia.

Dalam acara itu, juga akan ada sekitar 50 tenant yang menyajikan lebih dari 100 menu sebagai upaya mengangkat nama Indonesia sebagai destinasi vegan.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati, mengatakan dengan adanya Earth Festival 2022 ini akan mengangkat Indonesia sebagai destinasi vegan.

"Tidak hanya di Asia Tenggara, tapi juga dengan mengangkat UMKM vegan ini akan membantu promosi, apalagi kita berkolaborasi dengan beberapa platform digital, sehingga bisa dikenal di seluruh dunia," ungkap Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf Dessy Ruhati.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in