Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi Viral, Belajar Makan Pakai Tangan

Nusantaratv.com - 09 September 2021

Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi Fumio Iwai viral. (Al Arabiya)
Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi Fumio Iwai viral. (Al Arabiya)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi Fumio Iwai viral di media sosial (medsos). Dia memposting video yang menunjukkan dirinya sedang menyantap hidangan nasi tradisional Arab Saudi dengan tangannya.

Iwai membagikan momen itu dalam unggahan video di akun Twitter pribadinya. Pria berusia 60 tahun itu terlihat duduk bersama dengan Gubernur al-Sharqa, Riyadh, Adel al-Bawardi, yang mengajarinya makan dengan cara tradisional menggunakan tangan kanannya.

"Saya mencoba makan 'mofatah' menggunakan 'lima' untuk makan siang dan menggunakan saran dari Yang Mulia Gubernur agar saya bisa makan 'menggunakan lima'," cuit Iwai, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (9/9/2021).

Menggunakan 'lima' adalah bahasa gaul Saudi dan negara Teluk yang berarti menggunakan lima jari dan telapak tangan saat makan dengan cara tradisional. Video yang dibagikan Iwai pada Selasa (7/9/2021) sejauh ini telah dilihat lebih dari satu juta kali di Twitter.

Iwai mengunjungi provinsi al-Sharqa di Riyadh di mana dia diterima oleh gubernur distrik tersebut, Adel al-Bawardi. Iwai, mantan duta besar Jepang untuk Irak, selalu viral di kalangan pengguna Twitter di wilayah tersebut karena kefasihannya berbahasa Arab dan menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan orang Arab lainnya.

Pada 2017, Iwai memberi tahu pengikutnya di Irak jika dia berpuasa tiga hari terakhir Ramadhan, membuatnya 'lapar dan bersemangat' untuk makan sarapan Idul Fitri pertamanya, yang terdiri dari Kahi dan Gaymar, makanan lezat yang biasanya dikonsumsi oleh orang Irak selama Idul Fitri, dan Klaycha, yakni kue nasional negara itu, yang biasanya diisi dengan kurma.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])