Dukung Program Kemendikbud, SMPN I Satarmese Laksanakan Kegiatan ANBK Perdana

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2021

Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama I Satarmese saat melaksanakan kegiatan ANBK, Senin (04/10/21). Foto:Paul
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama I Satarmese saat melaksanakan kegiatan ANBK, Senin (04/10/21). Foto:Paul

Penulis: Supriyanto | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com- 

SMPN (Sekolah Menengah Pertama) I Satarmese di Desa Iteng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, NTT, laksanakan kegiatan ANBK perdana senin 04 Oktober 2021 kemarin.

Kegiatan ANBK ini merupakan salah satu program unggulan Kemendikbud dan Ristek di bawah komando Mas Menteri Nadim Makarim. Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi pendidikan untuk memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan dari Sabang sampai Marauke dari Miangas sampai Pulau Rote.

Adapun ANBK ini dilaksanakan dengan menggunakan 3 instrumen yaitu; Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang terdiri dari AKM Literasi Membaca dan Literasi Numerasi. Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar, AKM yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik, Survei Karakter yang mengukur sikap,nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik, survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Sementara bentuk soal Asesmen Nasional menggunakan Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat dan Uraian.

Mendukung program tersebut SMPN I Satarmese melakukan berbagai persiapan antara lain sarana prasana yang dibutuhkan dalam pelaksananaan ANBK ini (komputer, laptop), menyiapkan sumber daya manuasia (guru dan pegawai) untuk menjadi proktor, teknisi dan help desk.

Setelah itu menyiapkan panitia pelaksana untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ANBK, terutama mempersiapkan peserta didik dari hal teknis yaitu memberikan pengenalan dan pelatihan menggunakan komputer kepada peserta didik, mengingat situasi yang dihadapai dilapangan hampir 98% peserta didik belum mengenal cara mengoprasikan komputer secara dasar.

Adapaun peserta didik yang terlibat secara langsung dalam pelaksanaan ANBK berjumlah 50 orang yang terdiri dari 45 peserta didik utama dan 5 peserta didik cadangan yang seluruhnya berasal dari kelas 8 (delapan),sedangkan nama-nama yang terlibat ditentukan secara random oleh Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi yang diambil dari data pokok pendidikan dari masing-masing satuan pendidikan.

Salah seorang peserta didik yang telah mengikuti AN sesi satu pada hari ini (Senin,04 Oktober 2021,red) Fransiska Adut yang akrab dipanggil Siska yaitu persiapan dalam rangka pelaksanaan ANBK yang dilaksanakan di sekolah SMPN 1 Satarmese dianggap sudah bagus terutama pembekalan yang telah diberikan oleh para guru.

"kami 4-5 kali diberikan pembekalan oleh para guru tentang apa tujuan dan manfaat dari ANBK yang kami ikuti. Secara teknis kami juga dilibatkan dalam simulasi, gladi yang sudah ditentukan, bahkan para guru memberikan latihan-latihan dasar tentang pengenalan dan cara mengoprasikan komputer.

"Sebelum saya mengikuti sesi 1 hari ini jujur saya grogi, cemas akan soal yang mungkin sulit yang menyebabkan saya tidak dapat mengerjakan dengan baik" ujar Fransiska.

Fransiska setelah mengikuti dan menjawab pertanyaan dirinya merasa legah dan gembira. Dari 50 pertanyaan literasi membaca dan survei karakter, Ia meyakini 20 jawaban yang benar dan selebihnya masih ragu-ragu.

"Tetapi setelah saya mengikuti dan menjawab pertanyaan, saya legah dan gembira karena apa yang saya pikirkan sebelumnya tidak terjadi.

Minimal dari 50 pertanyaan literasi membaca dan dan survei karakter, saya meyakini 20 jawaban yang benar dan selebihnya masih ragu-ragu. Apa lagi soal-soal yang ada telah diajarkan di sekolah tepatnya di kelas 7 (tujuh) terutama materi tentang biopori yang saya kuasai" katanya.

"Pada dasarnya kegiatan hari ini tidak ada kendala yang kami alami, jaringan dan listrik aman. Harapanya dengan melihat pertanyaan pada ANBK saya memiliki harapan bahwa saya dan teman-teman lebih giat lagi belajar karena soal-soal yang ada lebih banyak menuntun saya untuk berpikir analisis.

Sedangkan harapan untuk proses pembelajaran kedepan bapak/ibu guru dapat memberikan yang terbaik dengan selalu memberikan soal-soal seperti yang telah dikerjakan pada ANBK hari ini" tandasnya Sementara itu Febriansyah, S.Pd., Gr selaku penanggung jawab secara teknis ( help desk) Pelaksanaan ANBK 2021 mengatakan kegiatan tersebut menggunakan mode semi online ( mengunakan server).

Dirinya juga telah melakukan persiapan seperti berkoordinasi dengan Pendidikan Kabupaten Manggarai. "kegiatan ANBK di SMPN 1 Satarmese menggunakan mode semi online (menggunakan server).

Dari sisi kesiapan secara teknis, Ia dan tim (proktor, teknisi) telah melakukan beberapa persiapan seperti berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab. Manggarai, Help desk kabupaten (Rikardus Syukur, red) untuk melakukan berbagai persiapan awal sesuai petunjuk teknis pelaksanaan ANBK 2021" kata Febrian.

Selain itu kata Febrian sosialisasi kepada peserta tentang tujuan dilaksanakan ANBK serta sebelum melaksanakan pra simuoasi dan gladi yang semuanya melibatkan peserta didik.

"mereka juga mempersiapkan segala hal-hal teknis di sekolah (mempersiapkan komputer yang akan digunakan). Memberikan sosialisasi kepada peserta tentang tujuan dilaksanakan ANBK serta melaksanakan pra simulasi, simulasi dan gladi yang semunya melibatkan peserta didik.

Dari padatnya kegiatan yang mereka persiapkan setidaknya memberikan gambaran bahwa pelaksanaan ANBK pada hari pertama telah berhasil dilaksanakan dan berjalan lancar tanpa mengalami kendala yang berarti Pencapaian hari ini tidak terlepas dari ketulusan hati dan kerja keras semua pihak dalam mendukung terlaksananya pelaksanaan ANBK hari ini.

Terutama peserta didik yang terlibat secara langsung, Kepala SMPN 1 Satarmese yang telah memberikan kepercayaan kepada saya dan tim untuk bekerja, rekan-rekan guru yang sudah bekerja dengan porsinya masing-masing dan teristimewah kepada anggota tim yang telah banyak mengorbankan waktu, tenaga dan pikiranyan selama kurang lebih 1 bulan ini.

Dan semua pihak yang telah banyak membantu kami selama ini sehingga kegiatan hari ini bisa berjalan sesuai rencana" katanya Hal senada disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Satarmese Aleksisus S. Ombol, SPd. Menurutnya, bahwa secara keseluruhan pelaksanaan ANBK Pada hari tersebut berjalan dengan lancar sesuai harapan. Ia mengatakan sebagai pimpinan di SMPN 1 Satarmese dirinya bertanggung jawab penuh pelaksanaa ANBK mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga tahap evaluasi.

"bahwa secara keseluruhan pelaksanaan ANBK hari ini telah berjalan dengan lancar sesuai harapanya. Semua ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh semua civitas akademika SMPN 1 Satarmese untuk menyukseskan kegiatan nasional ini.

Sebagai pimpinan di lembaga ini saya bertanggung jawab penuh pelaksanaan ANBK mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi nantinya.

Adapun hambatan yang dihadapai pada pelaksanaan hari ini terjadi pada peserta didik itu sendiri, antusias peserta didik serta dorongan orang tua untuk mengikuti kegiatan ANBK ini, di mana ada 3 orang peserta didik yang harus dicari dan dijemput oleh bapak guru di rumahnya.

Sedangkan dari segi teknis berdasarkan laporan panitia pelaksanaan untuk hari ini mulai dari sesi 1 samapi 3 berjalan lancar sesuai rencana," jelasnya.

Ia berharap kedepan dengan terlaksananya kegiatan ANBK tersebut dapat dijadikan masukan untuk pemerintah baik daerah maupun pusat untuk membantu sekolah dengan memenuhi kebutuhan sarana prasarana utama maupun penunjang pembelajaran.

"Harapanya kedepan dengan terlaksananya kegiatan ANBK ini dapat dijadikan masukan untuk pemerintah, baik daerah mau pun pusat untuk membantu sekolah dengan memenuhi kebutuhan berkaitan dengan sarana prasana utama maupun penunjang pembelajaran termasuk mempersiapkan sumber daya manusia yang merata",katanya.

"sekali lagi saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah secara nyata menyukseskan kegiatan hari ini rekan-rekan yang bertugas di lab kompute para proktor, teknisi dan help desk yang telah mempersiapan kegiatan ini dengan baik, panitia yang telah mendukung dengan saling berkolaborasi serta berkoordinasi, peserta didik, dinas Pendidikan, orang tua peserta didik , terutama PLN ranting Iteng yang telah memastikan suplai listrik yang stabil sehingga kami bisa menjalankan ANBK dengan lancar hari ini. Dan tentunya semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan hari ini,"kata dia.

Dirinya menambahkan apapun hasil dari pelaksanan ANBK ini hendaknya menjadi bahan evaluasi bersama agar peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan termasuk peroses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru disekolah.

"Apapun hasil yang dari pelaksanaan ANBK ini hendaknya menjadi bahan evaluasi bersama untuk peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan termasuk proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di sekolah. Serta sebagai acuan pemerintah untuk merumuskan segala kebijakan pendidikan yang dapat mendongkrak mutu pendidikan itu sendiri" tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



1

(['model' => $post])

Berita Terkait
Ilustrasi-1646394631
Bupati Gorontalo Utara-1646273134