Duh! Mendag Sebut Unicorn Indonesia Sudah Dikuasai Singapura

Nusantaratv.com - 19/11/2021 22:25

Mendag Muhammad Lutfi/ist
Mendag Muhammad Lutfi/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Berbagai unicorn Indonesia seperti Tokopedia, gojek, OVO, Ajaib, Bukalapak, Traveloka, dan lain-lain ternyata telah dikuasai oleh Singapura.

Fakta miris itu diungkapkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat berbicara di acara Technopreneur Fesh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Jumat (19/11).

Di hadapan peserta acara, Lutfi mengatakan jangan senang dulu Indonesia punya banyak unicorn, karena yang punya saham dominan bukan investor Indonesia.

"Tapi jangan senang dulu, siapa yang menguasai dari pada unicorn-unicorn ini? Bukan Indonesia, yang kuasai sebetulnya Singapura," kata Lutfi.

Baca juga: Bamsoet Dorong Pengembangan Entrepreneurial Marketing

Lutfi menambahkan Indonesia boleh saja bangga karena penemu dan pengembang Tokopedia, Gojek, dll adalah orang Indonesia, tapi soal kepemilikan ada di tangan 5,6 juta masyarakat Singapura yang sudah menguasai ekonomi digital Asia Tenggara.

"Kita boleh bangga ada Gojek, ada Tokopedia, tapi yang terbesar-besar (investor) mereka itu datangnya dari Singapura, rakyat 5 juta tapi menguasai ekonomi digital di Asia Tenggara," jelasnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Lebih lanjut Lutfi menyampaikan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia bakal sangat besar, jika hari ini baru sekitar US$44 miliar, maka pada 2030 berpotensi tumbuh sekitar 8 kali lipat menjadi US$323 miliar.

"Artinya ini kita akan 6 kali lebih besar dari Malaysia, 7 kali dari Filipina, 9 kali dari Singapura, Thailand hitungan tidak jelas, dan 4 kali dari Vietnam," pungkasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in