Duh! 89 Anjing dan Kucing Positif Covid-19

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2021

Ilustrasi kucing terinfeksi Covid-19. (SciTechDaily)
Ilustrasi kucing terinfeksi Covid-19. (SciTechDaily)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebanyak 89 anjing dan kucing dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Korea Selatan (Korsel) hingga September 2021, menurut data dari Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan Korsel, Selasa (5/10/2021).

Dikabarkan jika hewan dapat terinfeksi Covid-19, di mana sebagian besar penularan diakibatkan terjadinya kontak erat dengan manusia yang terkonfirmasi positif virus. Di sisi lain, penularan dari hewan ke manusia dinilai rendah.

Menurut data yang diserahkan dari kementerian kepada Rep. Maeng Sung-kyu dari Partai Demokrat Korea yang berkuasa, 55 anjing dan 34 kucing telah terinfeksi sejak wabah virus corona pada Januari 2020. Dari jumlah itu, sekitar 80 hewan dilaporkan di Seoul, sementara tiga lainnya di Provinsi Gyeonggi, dan dua di Kota Sejong.

Berdasarkan kebijakan karantina pemerintah, jika pemilik hewan dipastikan terinfeksi virus corona, maka pemerintah setempat dapat melakukan tes terhadap hewan peliharaannya jika menunjukkan gejala mirip virus corona, termasuk demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Pemerintah setempat bekerja sama dengan dokter hewan setempat.

Baca Juga: Mengapa Kucing Rumahan Tidak Bisa Mengaum?

Jika hewan tersebut dites positif Covid-19, maka akan ditempatkan di bawah isolasi mandiri wajib selama 14 hari di bawah pengawasan anggota keluarga yang belum tertular virus. Sebagian besar pemerintah daerah menawarkan layanan perawatan hewan peliharaan bagi para pemiliki hewan tersebut.

Namun, menurut Rep. Maeng, empat pemerintah provinsi, yakni Chungcheong Utara, Chungcheong Selatan, Jeolla Selatan dan Gangwon, tidak menyediakan layanan seperti itu.

"Pemerintah harus menambah jumlah fasilitas yang ditunjuk untuk menyediakan layanan perawatan hewan peliharaan bagi pasien yang berada di fasilitas perawatan Covid-19," katanya dalam pernyataannya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])