Dua Pecatur Muda Indonesia Raih Gelar di Spanyol

Nusantaratv.com - 24 Desember 2021

IM Gilbert Elroy Tarigan dan WIM Ummi Fisabilillah
IM Gilbert Elroy Tarigan dan WIM Ummi Fisabilillah

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Dua pecatur muda Indonesia, IM Gilbert Elroy Tarigan dan WIM Ummi Fisabilillah sukses meraih gelar di Spanyol.

Gilbert Elroy Tarigan yang meraih gelar Norma Grand Master (GM) sedangkan WIM Ummi Fisabilillah dengan gelar Norma Grand Master Wanita (GMW).

Sejatinya, Gilbert Elroy Tarigan yang merupakan atlet pelatnas memastikan Norma GM pertamanya pada babak 9 Turnamen VIII Sunway Sitges International Chess Festival di Barcelona, Spanyol, Kamis (23/12/2021) dini hari wib. Pemuda berusia 18 tahun ini sukses mengalahkan GM Karthik Venkataraman (2506) dari India.

Dari pertandingan 9 babak itu, Gilbert bertemu 3 pecatur bergelar GM, 4 IM, 1 FM dan satu nongelar. Gilbert mencetak 5 kemenangan termasuk atas 2 GM, 3 remis dan hanya sekali kalah. Dengan rating rata-rata lawan 2442 poin dan rating performance 2608, 6,5 angka yang direbutnya memenuhi persyaratan Norma GM pertamanya.

Gilbert juga mendapat tambahan rating sebanyak 202,8 poin. Rating Gilbert saat ini 2149.  Pada babak terakhir (babak 10), Gilbert memang WO atas IM Leon Livaic (2547) dari Kroasia.

Kesuksesan Gilbert diikuti WIM Ummi Fisabilillah yang juga masuk dalam skuad catur pelatnas. Wanita berusia 21 tahun ini mencetak prestasi sensasional event yang sama.

Ummi Fisabilillah yang memiliki elo rating 2159 merain Norma WGM untuk kedua kalinya. Dia mencetak 5,5 poin dengan rating performance 2412. Dari 9 babak yang dilalui, Ummi bertemu 1 GM, 4 IM, 1 WGM, 1 FM dan 2 nongelar dengan mencetak 4 kemenangan, 3 remis dan 2 kalah.

Ummi meraih Norma WGM pertama ketika meraih gelar juara  Eastern Asian Junior di Filipina 2019. Di Barcelona Ini. Ummi juga mendapat tambahan rating sebanyak 59 poin.

"Ini kabar yang menggembirakan bagi dunia catur Indonesia," kata Ketum PB Percasi GM Utut Adianto dalam siaran pers yang dikirimkan ke redaksi Gonews.co Group.

"Ini sukses ganda buat Indonesia," timpal Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])