DPRD Kaltim: Pendidikan Jadi Prioritas Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Nusantaratv.com - 25 Januari 2023

Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas'ud. (ANTARA/Fandi)
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas'ud. (ANTARA/Fandi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas'ud menyebutkan sektor pendidikan tetap menjadi prioritas yang harus diperhatikan guna meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2023.

"Pengelolaan anggaran pendidikan seharusnya dikelola dengan baik, sehingga ada hal-hal prioritas yang mestinya dikedepankan, seperti infrastruktur pendidikan," kata Hasanuddin di Samarinda, Rabu.

Ia mengaku belakangan ini DPRD menilai pengelolaan anggaran pendidikan di Kaltim masih didominasi oleh belanja operasional, sehingga belanja infrastruktur mengecil.

Semestinya, kata dia, pengelolaan anggaran pendidikan lebih diprioritaskan pada belanja infrastruktur pendidikan, sedangkan untuk belanja operasional porsinya dikurangi.

"Ada skala prioritas yang harus diambil dalam pengelolaan anggaran pendidikan, yakni perbesar porsi belanja infrastruktur untuk meningkatkan kuota penerimaan peserta didik," kata Hasanuddin.

Ia mengatakan pengelolaan anggaran untuk infrastruktur pendidikan untuk menambah ruang belajar atau ruangan kelas guna menampung peserta didik baru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hasanuddin menuturkan DPRD baru saja menerima mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Mulawarman.

Dari pertemuan tersebut, katanya, DPRD Kaltim mendapatkan masukan berharga tentang bagaimana pengelolaan anggaran pendidikan yang bisa diimplikasikan di Provinsi Kaltim.

"Saya berharap mereka bisa mempertajam ilmunya dengan melakukan penelitian (disertasi) tentang pengelolaan pendidikan yang ideal di Provinsi Kaltim," katanya.

Hasanuddin menjelaskan DPRD Kaltim akan mengawal penguatan sektor pendidikan dan terus memantau serta mengevaluasi kinerja Pemprov dalam pengelolaan anggaran pendidikan dengan porsi 20 persen dari total APBD Provinsi Kaltim.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])