Dispar Sleman Minta Desa Wisata Bersiap Sambut Liburan Akhir Tahun

Nusantaratv.com - 25/11/2022 13:44

Ilustrasi: Desa Wiaata Pancoh di Kecamatan Turi, Sleman menambah layanan tempat makan dan paket jelajah wisata pedesaan menggunakan kendaraan VW Safari guna menambah daya tarik wisatawan. Foto ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman
Ilustrasi: Desa Wiaata Pancoh di Kecamatan Turi, Sleman menambah layanan tempat makan dan paket jelajah wisata pedesaan menggunakan kendaraan VW Safari guna menambah daya tarik wisatawan. Foto ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meminta desa wisata yang ada di wilayah itu mulai bersiap dan berbenah menyambut musim liburan akhir tahun 2022.

"Sejak sekarang desa wisata harus mulai mempersiapkan diri dan berbenah untuk menyambut kunjungan wisatawan pada momen liburan akhir tahun," kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Usaha Pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Nyoman Rai Savitri di Sleman, Jumat.

Sejumlah desa wisata di Sleman, kata dia,  jika dilihat dari catatan, lebih dulu mengalami penurunan jumlah pengunjung sebelum adanya pandemi COVID-19 pada sekitar Maret 2020.

"Sebelum pandemi COVID-19 sejumlah desa wisata di Sleman sudah mengalami penurunan jumlah pengunjung akibat terdampak tragedi susur Sungai Sempor di Turi yang mengakibatkan belasan siswa menjadi korban meninggal pada Februari 2020," katanya.

Meskipun dalam beberapa satu tahun terakhir desa-desa wisata sudah mulai menggeliat, lanjutnya, kunjungan wisatawan belum dapat dikatakan pulih.

"Momentum liburan akhir tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi titik kebangkitan desa wisata di Sleman, seiring sudah mulai menurunnya kasus COVID-19," katanya.

Pihaknya juga mendorong masing-masing desa wisata untuk mempunyai keunikan dan ciri khasnya sendiri-sendiri dalam memberikan layanan dan atraksi kepada tamu-tamunya.

"Sejumlah desa wisata memang sudah mulai menambah atraksi maupun susunan yang diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan, baik itu atraksi seni budaya maupun sajian kuliner khas," katanya.

Ia mengatakan desa wisata di Sleman yang siap menerima kunjungan wisatawan diantaranya Desa wisata (Dewis) Pulesari, Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Garongan, Desa Wisata Grogol, Desa Wiaata Rumah Dome, dan Desa Wisata (Dewa) Bromo.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in