Disentil Erick Thohir Terkait Toilet di SPBU Berbayar, Ini Kata Pertamina

Nusantaratv.com - 23 November 2021

Menteri BUMN meminta PT Pertamina (Persero) terkait toilet di SPBU berbayar digratiskan. (Istimewa)
Menteri BUMN meminta PT Pertamina (Persero) terkait toilet di SPBU berbayar digratiskan. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah video yang memperlihatkan adanya pungutan di sebuah toilet di SPBU Pertamina di akun Instagramnya pada Senin (22/11/2021). 

Dalam video itu, Erick tampak berbincang dengan penjaga toilet di SPBU tersebut. Sang penjaga mengatakan untuk buang air kecil di SPBU itu, masyarakat dikenakan tarif Rp2.000, sedangkan untuk mandi masyarakat harus merogoh kocek Rp4.000.

"Kalau yang mau pakai bayar Rp2.000 kalau kencing dan mandi Rp4.000. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum," kata Erick kepada penjaga toilet di SPBU tersebut.

Untuk itu, dia meminta kepada direksi PT Pertamina (Persero) agar seluruh toilet di semua SPBU Pertamina yang dikelola langsung maupun dikerjasamakan dengan swasta bersifat gratis atau tidak dipungut biaya. 

Erick mengharapkan fasilitas umum seperti toilet harusnya gratis, karena pengusaha SPBU sudah mendapatkan keuntungan dari penjualan bensin, selain itu SPBU Pertamina juga dilengkapi toko kelontong.

Dengan demikian, jelas dia, maka masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan saat mengisi BBM atau singgah di SPBU tersebut.

Terkait toilet SPBU berbayar ini, PT Pertamina (Persero) buka suara. Melalui Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting, Pertamina akan menggratiskan toilet di SPBU perusahaan.

Dia menyatakan bakal mengingatkan pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, termasuk memastikan akses gratis toilet serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya. Menurutnya, toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU.

"Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," jelas Irto, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (23/11/2021).

Hal ini juga mendapatkan respon positif dari pengamat politik Hendri Satrio. Dia setuju jika toilet SPBU digratiskan. "Wah bolelah Pak Erick, toilet SPBU yang sebelumnya bayar Rp.2000 jadi gratis, selanjutnya apalagi yang bakal digratisin Pak Erick Thohir? Ayo kita semangati Pak Erick buat bikin program gratisan lainnya, semoga naik kelas, yang ratusan ribu gitu digratisin," tulisnya di akun Twitter pribadinya @satriohendri, yang dikutip Nusantaratv.com, Selasa (23/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])