Dinas Pertanian Gunungkidul Imbau Petani Percepat masa Tanam

Nusantaratv.com - 19 Maret 2023

Panen padi di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)
Panen padi di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau para petani mempercepat tanam padi di lahan beririgasi untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi di Gunungkidul, Minggu, mengatakan masa tanam kedua pada 2023 ini  lahannya seluas 7.505 hektare.

"Percepatan tanam padi ini untuk mengantisipasi musim kemarau yang lebih awal atau dampak cuaca ekstrem," kata Rismiyadi.

Ia juga meminta petani di lahan tadah hujan untuk menanam tanaman semusim yang tidak membutuhkan banyak air. Komoditas tanaman semusim, seperti cabai, bawang merah, kacang merah, kedelai dan jagung.

"Tanaman tersebut tidak terlalu banyak membutuhkan air," katanya.

Rismiyadi mengatakan Januari hingga awal Maret 2023, lahan tanaman padi seluas 47.527 hektare dengan hasil 241.437 ton gabah kering giling (gkg).

Produktivitas panen padi Januari-Maret mencapai 5,08 ton per hektare (ha) gabah kering giling (gkg).

"Total luas lahan padi yang sudah panen di Gunungkidul mencapai 47.527 hektare. Produksi padinya sendiri mencapai 241.437 ton gabah kering giling (gkg)," kata Rismiyadi.

Ia mengatakan hasil panen 241.437 ton gkg ini setara dengan 152.588 ton beras. Sebagian besar hasil panen ini disimpan oleh petani sebagai cadangan pangan dalam bentuk gabah.

"Setidaknya Gunungkidul memiliki kecukupan pangan selama enam sampai delapan bulan ke depan," katanya.

Rismiyadi mengatakan jenis padi yang ditanam di Gunungkidul beragam. Seperti varian Ciherang, Supadi, MAPAN 05, Situ Bagendit, dan Inpari 42.

"Varietas ini cukup bagus untuk lahan pertanian di Gunungkidul," katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga menyampaikan jika petani memberikan kontribusi sangat besar dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya.

Pihaknya pun memastikan perhatian pada sektor pertanian tetap jadi prioritas. Salah satunya lewat distribusi pupuk bersubsidi.

"Sudah ada tambahan kuota pupuk bersubsidi dari pusat untuk tahun ini, sehingga mencukupi kebutuhan petani," kata Sunaryanta.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



1

(['model' => $post])