'Dikerjain' Wasit Lawan Qatar, Duel Timnas Indonesia U-23 vs Australia Bakal Bernasib Sama?

Nusantaratv.com - 17 April 2024

Indonesia kalah 0-2 dari Qatar di Piala Asia U-23 2024
Indonesia kalah 0-2 dari Qatar di Piala Asia U-23 2024

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Wasit Nasrullo Kabirov memberi pengalaman buruk bagi Timnas Indonesia U-23 saat bertemu Qatar di laga Grup A Piala Asia U-23 2024, Qatar. Kepemimpinannya dianggap kontroversial hingga membuat Indonesia menderita kekalahan 0-2 dari tuan rumah. 

Salah satu keputusan yang paling disorot adalah hadiah penalti kepada Qatar di menit 45+1. Saat itu, Kabirov yang berasal dari Tajikistan menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Rizky Ridho terhadap pemain lawan di kotak terlarang.

Kabirov awalnya tidak menganggap benturan itu sebagai pelanggaran. Namun setlah meninjau Video Assistant Referee (VAR), Kabirov mengubah keputusannya dan menunjuk titik putih. Qatar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan langsung memimpin 1-0.

Petaka kembali menimpa Garuda Muda di awal babak kedua. Nasrullo memberi kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner yang membuatnya dikeluarkan pada menit ke-46. Timnas Indonesia U-23 yang kalah jumlah pemain pun kembali kebobolan menit ke-54 lewat aksi Ahmed Al-Rawi.

Tidak berhenti sampai di sini. Sesaat sebelum laga usai, Kasirov kembali mengumbar kartu merah. Kali ini diarahkan kepada Ramadhan Sananta yang membuatnya diusir dari lapangan. 

Para pemain sangat tidak senang dengan kepemimpinan Kasirov. Begitupun dengan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Dia sangat kecewa dan menganggap keputusan kontroversial wasit 38 tahun itu menjadi penyebab kekalahan Garuda Muda atas Qatar.

PSSI sebagai federasi juga secara resmi telah melayangkan protes kepada AFC terkait kinerja Kabirov. Sementara netizen Indonesia ramai-ramai menyerbu akun Instagram Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) untuk melampiaskan kekecewaannya terhadap wasit berusia 38 tahun itu.

Kasirov memang tidak akan memimpin duel timnas Indonesia U-23 berikutnya lawan Australia. Namun kekhawatiran belum berakhir, sebab AFC menunjuk Majed Al-Shamrani dari Arab Saudi.

Siapa dia?

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])