Dihajar Pandemi Covid-19, Produsen Mobil Jepang Alami Penurunan Produksi

Nusantaratv.com - 09 September 2021

Pabrik mobil Toyota di Jepang. (Toyota)
Pabrik mobil Toyota di Jepang. (Toyota)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gangguan pasokan suku cadang dan komponen kendaraan akibat pandemi Covid-19 memaksa produsen mobil Jepang mengalami penurunan produksi pada Oktober mendatang.

Produsen mobil Jepang harus memangkas produksi bulan ini karena kekurangan chip semikonduktor dan komponen lain karena pandemi Covid-19 mengganggu manufaktur di seluruh dunia dan mendorong permintaan chip dari produsen perangkat elektronik.

"Tergantung pada pabrikannya, kami bisa melihat penurunan produksi ke tingkat yang lebih rendah pada Oktober," kata Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang sekaligus Presiden Toyota Motor Corp, Akio Toyoda, dikutip dari Reuters, Kamis (9/9/2021).

Diketahui, Toyota memangkas produksi global pada September sebesar 40 persen dari target yang direncanakan, bergabung dengan produsen mobil global besar lainnya yang juga memperlambat produksi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan volume penjualan itu mengatakan akan mencoba menebus kehilangan produksi untuk memenuhi target 9,3 juta kendaraan pada tahun yang berakhir pada 31 Maret.

Produsen mobil Jepang lainnya yang telah berjuang untuk mengatasi kekurangan komponen kendaraan termasuk, Nissan Motor Co, Honda Motor Co, Suzuki Motor Corp dan Mazda Motor Corp.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])