Dihadiri Bikkhu Mancanegara, Ini Rangkaian Waisak 2567 BE di Borobudur

Nusantaratv.com - 27 Mei 2023

Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era (BE) bakal dihelat di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023. (Net)
Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era (BE) bakal dihelat di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era (BE) bakal dihelat di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023.

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha bersama dengan Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia), Permabudhi (Persatuan Umat Buddha Indonesia) dan lembaga-lembaga keagamaan Budha akan menyukseskan pelaksanaan peringatan tersebut.

Staf Khusus Menteri Agama (Menag), Wibowo Prasetyo mengatakan perayaan Waisak nanti akan menghadirkan banyak Bikkhu dari mancanegara seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa Candi Borobudur telah resmi menjadi tempat ibadah umat Buddha, bukan hanya bagi umat Buddha Indonesia, tapi juga umat Buddha dunia," ujar Wibowo, di Jakarta, seperti dilansir dari laman Kemenag, Sabtu (27/5/2023).

"Ada tradisi Thudong dimana para Bikkhu berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia menuju ke Candi Borobudur," lanjutnya.

Puluhan Bhikkhu jalan kaki dari Thailand ke Borobudur. (Dok. Bhante Kantadhammo)

Hari Raya Waisak tahun ini, lanjut Wibowo, juga menjadi simbol kebersamaan umat Buddha, dimana dua organisasi keagamaan Budha terbesar di Indonesia, Walubi dan Permabudhi berkomitmen untuk merayakan Hari Raya Waisak secara bersama-sama. 

"Tidak mementingkan ego masing-masing, tapi mengutamakan sikap toleransi dan kebersamaan," imbuhnya.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang libur nasional dan cuti bersama telah menetapkan Hari Raya Waisak jatuh pada 4 Juni 2023. Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada pukul 10.41. WIB.

Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Supriyadi menerangkan penetapan Hari raya Tri Suci Waisak di Indonesia menggunakan metode Purnama-Sidhi berdasarkan perhitungan Astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern.

Supriyadi merinci, bahwa satu tahun matahari berjumlah 365 hari. Sedangkan satu tahun lunar hanya 355 hari. Sehingga, terdapat perbedaan 10 hari setiap tahunnya.

Pada tahun kabisat lunar, dalam satu tahun terdapat 13 purnama. Pada saat itu, terdapat bulan Waisak ganda. Maka, perhitungannya berpatokan pada kalender lunar/chandra Buddhis yang sudah menyesuaikan dengan perhitungan kalender matahari/solar-surya.

Atau, perhitungan luni-solar yang setiap satu daur 19 tahun terdapat 7 tahun kabisat lunar dengan 7 bulan sisipan. "Tahun 2023 Masehi adalah tahun kabisat lunar di mana terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil adalah Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023," jelasnya.

Berikut rangkaian acara peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur:

1. Acara Bakti Sosial Pengobatan Gratis pada 30-31 Mei 2023.

2. Api Dharma di Mrapen, Grobogan, dan Ritual pensakralan di Candi Mendut pada 2 Juni 2023.

3. Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, dan Ritual pensakralan Candi Mendut pada 3 Juni 2023.

4. Acara Kirab Waisak Candi Mendut ke Candi Borobudur, Detik-Detik Waisak, Pradaksina Candi Borobudur, dan Pelepasan Lampion Waisak pada 4 Juni 2023.

Sementara acara festival pelepasan lampion merupakan pertanda penutupan perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023. Festival lampion di Borobudur ini juga bisa diikuti oleh masyarakat umum.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])