Diduga Rencanakan Kudeta, Jerman Tangkap Anggota Sayap Kanan dan Mantan Perwira Militer

Nusantaratv.com - 08/12/2022 11:50

Ilustrasi. Polisi Jerman. (Reuters)
Ilustrasi. Polisi Jerman. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Polisi Jerman menangkap sekelompok tokoh sayap kanan dan mantan perwira militer yang diduga telah merencanakan serangan untuk menciptakan kekacauan nasional dan merebut kekuasaan, kata pihak berwenang pada Rabu (7/12/2022).

Dalam penggerebekan besar-besaran, 3.000 petugas keamanan dikerahkan dan penggeledahan rumah dilakukan di 11 negara bagian Jerman, kata juru bicara Kantor Kejaksaan Federal kepada kantor berita Jerman, DPA, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (8/12/2022).

Kantor Kejaksaan Federal mengungkapkan, sebuah kelompok Gerakan Reichsbuerger sayap kanan dikabarkan telah merencanakan kudeta.

"Dua puluh dua dari mereka yang ditangkap merupakan terduga anggota organisasi teroris. Selain itu, masih ada 27 tersangka lainnya," kata juru bicara Kantor Kejaksaan Federal itu.

Para tersangka juga termasuk seorang prajurit unit pasukan khusus KSK elit Jerman dan beberapa tentara cadangan Bundeswehr. Menurut harian Bild, seorang mantan anggota parlemen dari sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD) juga termasuk di antara mereka yang ditangkap polisi.

Anggota gerakan Reichsburger adalah kelompok dan individu yang menolak keberadaan Republik Federal Jerman dan sistem hukumnya berbeda. Banyak yang menolak membayar pajak dan sering berkonflik dengan pihak berwenang.

Kantor Perlindungan Konstitusi Jerman memperkirakan kelompok tersebut memiliki sekitar 21.000 pengikut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in