Di Tengah Ketidakpastian Global, Sektor Retail Bisa Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa/Kemenko Bidang Perekonomian)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa/Kemenko Bidang Perekonomian)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap sektor retail dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional terutama pada saat ketidakpastian global yang tinggi terjadi.

Di sisi lain, sektor perdagangan memiliki kontribusi signifikan bagi capaian pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 12,96 persen terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). Pada sisi demand, pertumbuhan ekonomi juga didorong oleh kontribusi aspek konsumsi dan investasi. 

Dengan struktur perekonomian yang didominasi dengan konsumsi tersebut, peran sektor retail sangat esensial bagi pertumbuhan ekonomi nasional dengan pelaku usaha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan penyerapan tenaga kerja yang optimal.

Airlangga mengungkapkan, sektor perdagangan terutama retail sanggup menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar. Sektor perekonomian ini penting, kata dia, karena menjadi tempat untuk menyerap produksi dalam negeri.

"Tentu kita mengapresiasi keberadaan sektor ritel karena sektor ini sudah recover daripada di periode Covid kemarin," ujar Airlangga dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (19/4/2024).

Hal itu disampaikannya dalam acara Pengukuhan Pengurus Himpunan dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Masa Bakti 2024-2026, pada Kamis (18/04).

Dia menambahkan, setor retail dapat berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional, terlebih pembelian barang produksi dalam negeri dapat menjadi salah satu penunjang perekonomian nasional selama ketidakpastian yang tinggi saat ini. 

Selain itu, Airlangga juga berharap agar sektor retail tersebut dapat dibentuk sebagai retail modern yang juga menjadi salah satu outlet untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan menjadi window kenaikan harga, sehingga retail modern dapat berperan untuk menjaga stabilitas harga.

Dengan tingginya jumlah masyarakat yang juga memiliki usaha retail, dia menghimbau agar dapat dilakukan pemberdayaan terhadap pelaku usaha retail dari masyarakat tersebut. 

Dengan dilakukannya pemberdayaan diharapkan dapat meningkatkan akses distribusi logistik dan level playing field dengan pasar modern.

"Saya mengapresiasi bahwa dengan adanya kehadiran industri perdagangan ritel ini kehadiran barang yang ada untuk masyarakat jadi baik untuk availability dan akses, selanjutnya yang menjadi penting juga masalah logistik karena logistik menjadi kunci harga barang yang lebih kompetitif," tukas Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])