Di Belanda, Ribuan Orang Protes Aturan Pembatasan Covid-19

Nusantaratv.com - 05 Desember 2021

Ribuan orang memprotes aturan pembatasan Covid-19, di Utrecht, Belanda, 4 Desember 2021. (Reuters/Eva Plevier)
Ribuan orang memprotes aturan pembatasan Covid-19, di Utrecht, Belanda, 4 Desember 2021. (Reuters/Eva Plevier)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ribuan orang berkumpul di Kota Utrecht, Belanda tengah, pada Sabtu (4/12/2021). Mereka melakukan protes aturan pembatasan Covid-19 baru yang mulai berlaku akhir pekan lalu.

Para pengunjuk rasa berjalan melalui jalan-jalan kota membawa spanduk bertuliskan 'Kebebasan Medis Sekarang!' dan mengibarkan bendera Belanda. Kehadiran polisi yang siaga penuh terlihat di sepanjang rute pawai. 

Sebagian besar pengunjuk rasa mengkritik apa yang mereka lihat sebagai peningkatan tekanan dari pemerintah Belanda untuk mendapatkan vaksinasi jika mereka ingin berpartisipasi dalam masyarakat untuk mengikuti berbagai acara.

"Kami menentang tidak memiliki kebebasan (untuk memutuskan apa yang terjadi pada) tubuh kami sendiri," kata seorang pengunjuk rasa Marit van Hunen, seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (4/12/2021).

Aksi di Ultrecht merupakan demonstrasi besar pertama di Belanda dalam melawan aturan pemerintah terkait pembatasan Covid-19, yang mencakup penutupan bar, restoran, dan sebagian besar toko pada malam hari untuk membendung gelombang kasus Covid-19 yang memecahkan rekor serta mengancam akan membanjiri sistem perawatan kesehatan negara itu.

Belanda menyaksikan protes keras dua pekan lalu setelah pemerintah mengumumkan rencana untuk melarang sebagian besar orang yang belum divaksinasi Covid-19 dari tempat-tempat umum. Rencana tersebut menghadapi tentangan luas di parlemen, termasuk dari partai-partai dalam koalisi pemerintahan dan belum dilaksanakan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])