Di Arab Saudi, Gunakan Kembali Alat Cukur Sekali Pakai Didenda Rp7,6 Juta

Nusantaratv.com - 13 Januari 2022

Ilustrasi alat cukur. (Shutterstock)
Ilustrasi alat cukur. (Shutterstock)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Arab Saudi menyatakan melarang alat cukur sekali pakai digunakan kembali. Jika melanggar ketentuan ini maka pemilik fasilitas cukur akan didenda sebesar 2000 riyal atau setara Rp 7,6 juta.

Implementasi keputusan tersebut akan dimulai pada Sabtu, 15 Januari 2022. Hal itu disampaikan Kementerian Urusan Kota, Pedesaan dan Perumahan (MOMRA) Arab Saudi, seperti dikutip dari Gulf News, Kamis (13/1/2022).

Keputusan ini juga akan mencakup pangkas rambut pria dan anak-anak. Kementerian menegaskan denda akan berlipat ganda jika terjadi pelanggaran berulang. Selain itu, ada juga sanksi tambahan berupa penutupan toko selama satu pekan.

Sebelumnya, MOMRA telah mengklarifikasi persyaratan kegiatan usaha pangkas rambut pria. Yakni pentingnya memperoleh sertifikat kesehatan bagi pekerja untuk membuktikan kesehatannya dari penyakit menular, serta penggunaan alat sekali pakai.

Selain itu, alat cukur harus yang terbuat dari bahan tahan karat sesuai dengan spesifikasi standar yang telah disetujui. Kemudian menggunakan handuk kertas berkualitas tinggi sebagai pengganti handuk kain dan penggunaan medical swab untuk disinfeksi.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])