Detik-detik Gus Baha Dipukul Saat Isi Pengajian

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Gus Baha (youtube.com)
Gus Baha (youtube.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan sebutan Gus Baha, dikenal sebagai sosok ulama yang luwes saat menyampaikan materi dakwahnya.

Kedalaman ilmu yang dimiliki dan kesederhanaannya dalam menyampaikan materi dakwah menjadi ciri khas ulama yang menjadi murid kesayangan Mbah Maimoen Zubair itu. Selain penyampaiannya yang sederhana, tak lupa disetiap ceramahnya selalu diselingi dengan ‘guyon’ atau candaan yang membuat jamaah betah.

Gaya penyampaian seperti itu juga dilakukan oleh Gus Baha saat mengisi sebuah pengajian di sebuah pondok pesantren bersama dengan KH Agoes Ali Masyhuri, Gus Reza dan Gus Kautsar.

Baca Juga: Ada di Indonesia! Rumah dan Perabotannya Berlapis Emas

Dari unggahan kanal YouTube Teroris Senja pada 4 November 2021 Gus Baha bercerita saat dirinya didatangi oleh guru-guru SD.

“Saya pernah didatangi guru-guru SD, ini agak-agak masalah besar ya,” ujar Gus Baha saat itu.

Mereka menanyakan hukum membuka soal ujian nasional yang masih menjadi rahasia negara dan masih disegel.

“Gus boleh gak membuka (soal) Ujian Nasional yang masih disegel? Semua guru bilang gak boleh, itu kriminal,” lanjut Gus Baha.

Namun kata Rais Syuriah PBNU itu, ada satu guru yang membolehkan dengan menganalogikan pertanyaan malaikat pada orang yang sudah meninggal.

“Ada satu guru yang bikin analogi agak kacau, boleh saja karena ujian di kubur saja dibocorkan para kyai gak apa-apa,” kata Gus Baha.

Saat itulah para jamaah tertawa mendengar penjelasan Gus Baha itu hingga Kyai Agoes Ali Masyhuri membuka peci dan memukulkan pada punggung Gus Baha sambil tertawa.

Detik-detik Gus Baha mendapat pukulan dari Kyai Agoes Ali Masyhuri

Tak ayal, Gus Baha dan seluruh jamaah ikut tertawa melihat momen Gus Ali Masyhuri memukul Gus Baha hingga Gus Reza pun turut bercanda.

Baca Juga: Mengapa Saat Tidur Kita Bermimpi? Ini Penjelasannya

“Perhatian kepada kyai tidak boleh memukul pemateri,” ujar Gus Reza dengan nada bercanda yang disambut tawa hadirin.

Salah satu murid kesayangan Mbah Maimoen Zubair itu kemudian menjelaskan jika analogi tersebut merupakan analogi yang salah.

“Tuhan kamu siapa, Nabi kamu siapa, imam kamu siapa, ini kan sudah dibocorkan para kyai,”

“Guru itu berpikir, jika kubur yang sekrusial itu boleh dibocorkan, masa Ujian Nasional tidak boleh, tentu ini analogi yang salah,” pungkas Gus Baha.***

Sumber: mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])