Deretan Tips Sehat Bunda Traveling dengan Aman Bersama Bayi

Nusantaratv.com - 13/08/2022 14:00

Ilustrasi traveling / Mother Mag
Ilustrasi traveling / Mother Mag

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Bepergian dengan bayi atau anak dapat menjadi pengalaman yang menegangkan dan juga akan menjadi cobaan berat tetapi kita harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan di udara atau darat.

Apakah ada pikiran bepergian dengan bayi membuat Anda takut? Jangan panik karena ada beberapa tips penting bagi para ibu untuk menjaga bayi tetap aman dan sehat.

Ini adalah beberapa trik yang sangat mudah yang dapat membantu bunda bepergian tanpa stres bersama si kecil. Dr Prashant Moralwar, Konsultan Dokter Anak di Kharghar's Motherhood Hospital membagikan beberapa strategi untuk memastikan bahwa perjalanan tidak hanya aman tetapi juga menyenangkan bagi Anda, orang lain, dan bayi, baik bepergian dengan pesawat atau jalan raya.

1. Mengganti popok dengan cepat sebelum naik ke pesawat atau mobil dapat membantu: Ini akan mengurangi berapa kali Anda perlu menggantinya di pesawat atau kendaraan. Jika Anda bepergian dengan mobil maka sering-seringlah beristirahat untuk mengganti popok bayi. Tidak melakukannya dapat menyebabkan iritasi kulit atau ruam popok. Jangan biarkan bayi basah terlalu lama. Jadi, disarankan untuk mengganti popok dari waktu ke waktu.

2. Pilih penerbangan yang sesuai dengan pola tidur bayi Anda: Anda harus memilih waktu keberangkatan yang dekat dengan pola tidur bayi Anda. Pilih tengah hari ketika bayi Anda tidur siang atau terbang di malam hari menjelang waktu tidur mereka. Penerbangan pagi hari dapat mengganggu tidur bayi Anda. Saat bepergian melalui jalan darat, Anda dapat memulai perjalanan setelah bayi bangun. Dia akan segar dan tidak rewel.

3. Pilih headphone peredam bising: Suara keras mesin pesawat dan penumpang lain dapat membuat bayi sulit tidur, dan ia dapat menjadi rewel serta lelah. Anda bisa mencoba headphone peredam bising untuk si kecil agar ia bisa tidur nyenyak saat bepergian dengan pesawat atau jalan raya.

4. Menyusui sebelum lepas landas dan mendarat: Apakah Anda sadar? Mengisap karena menyusui akan membuka saluran Eustachius bayi dan menyamakan tekanan di telinga sehingga mengurangi rasa sakit.

5. Bepergian dengan pasangan atau anggota keluarga Anda, jika Anda memiliki lebih dari satu bayi: Melakukan hal itu dapat membantu Anda menagani bayi dengan sangat baik. Selain itu, Anda dapat meluangkan waktu dan bersantai saat pasangan atau anggota keluarga merawat si kecil.

6. Pilih kursi di lorong: Memungkinkan Anda naik dan turun dengan lebih bebas di pesawat. Tempat duduk di dekat jendela bisa menjadi masalah karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi sesama penumpang.

7. Bawa perlengkapan bayi yang cukup: Penundaan penerbangan dapat memperpanjang perjalanan Anda beberapa jam. Anda harus membawa makanan bayi, makanan ringan, susu formula atau ASI, popok, dan perlengkapan lain yang sebenarnya diperlukan untuk menghindari bayi yang lapar dan rewel.

8. Pakaikan bayi Anda dengan baju berlapis-lapis: Pakaikan bayi Anda berlapis-lapis. Usahakan untuk membawa selimut, jika bayi merasa kedinginan.

9. Bawalah mainan favorit bayi: Saat bepergian melalui jalan darat atau pesawat, Anda harus menjaga agar bayi tetap bahagia dan bertunangan. Bawalah beberapa mainan  favorit agar bayi tidak menangis.

10. Obat-obatan Darurat: Harap membawa obat-obatan darurat untuk muntah, sakit perut, hidung tersumbat, sakit telinga, dan demam.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in