Dampak Migrasi ke Digital, TV Analog Dilego Rp200 Ribu

Nusantaratv.com - 13 September 2021

Ilustrasi TV analog. (Detik)
Ilustrasi TV analog. (Detik)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Hadirnya TV digital diiringi kebijakan migrasinya, membuat keberadaan TV analog kian terpuruk. Kini, TV analog dijual murah. Hanya dengan uang Rp200 ribu, di Pasar Krokosono, warga Kota Semarang sudah bisa memilik TV analog ukuran 14 inch.

Penjual TV tabung asal Semarang, Riyadi menjelaskan, harga TV analog dijual murah karena adanya TV digital. Ini juga dipengaruhi kebijakan pemerintah yang secara bertahap hingga November 2022, TV analog digantikan sepenuhnya oleh siaran TV digital atau disebut analog switch off (ASO). 

"Ini karena dampak dari digitalisasi, TV LED itu," ujar Riyadi di tokonya Blok 1 Pasar Krokosono, Kota Semarang, Sabtu (20/8/2021).

Menurut dia, faktor utama yang mempengaruhi penjualan TV tabung merosot adalah digitalisasi. Untuk itu, dia menjual TV tabung miliknya itu dengan harga yang cukupp murah.

"Untuk yang paling murah itu Rp 200 ribu hingga Rp 260 ribu untuk ukuran 14 inch," ujarnya.

Meski menjual TV tabung dengan ukuran yang lain, menurutnya TV dengan ukuran 14 inch adalah jenis yang paling laris. Kebanyakan yang membeli TV ukuran tersebut adalah anak kost atau orang merantau yang ngontrak rumah.

"Orang kost memang cari TV yang murah-murah karena hemat ruangan," katanya.

Hal lain yang menyebabkan TV tabung berangsur-angsuur ditinggalkan karena kebijakan pemerintah yang akan mengupgrade TV ke digital. Meski demikian, dia tetap bertahan menjual TV tabung dengan beberapa alasan.

"Saya tetap bertahan karena terbentur modal," keluhnya.

Meski sudah mulai redup, TV tabung yang dia jual itu masih banyak yang memborong. Penjual dari beberapa daerah seperti Purwodadi dan Jepara juga masih banyak yang membeli TV tabung di tempatnya.

"Biasanya mereka memborong bisa sampai 3 sampai 5 TV," ucapnya.

Salah satu pembeli, Budi Susanto mengatakan, sengaja mencari TV analog untuk koleksi. Dia memilih Pasar Krokosono karena harganya cukup miring dibandingkan dengan toko-toko yang lain.

"Saya biasanya memang sudah belanja di sini, selain untuk koleksi biasanya juga saya jual," katanya.

Meski sudah ada TV digital, dia lebih memilih TV analog karena perawatannya mudah. Selain itu, onderdilnya juga cukup mudah dicari jika ada yang rusak. Tak jarang juga, TV analog yang dia belu ditawar oleh orang.

"Biasanya juga ada yang menawar, mungkin karena lebih murah ya," ujarnya, dikutip dari Suarajawatengah.id.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])