Dampak Gempa 6,4 Magnitudo Aceh, Sejumlah Bangunan Rusak

Nusantaratv.com - 24 September 2022

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Sejumlah bangunan dilaporkan mengalami rusak ringan akibat dampak gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo yang mengguncang Aceh pagi ini, Sabtu (24/9/2022), pukul 03.52.59 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan belum ada laporan korban jiwa. 

Deputi Bidang Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi mengatakan, informasi yang diperoleh dari BPBD Kota Banda Aceh dan BPBD Aceh Barat Daya ternyata di sana belum ditemukan kerusakan-kerusakan yang berarti.

"Ini belum updatenya masih baru saja, nanti kita terus akan memantau perkembangan. Mudah-mudahan kita berdoa bahwa gempa ini tidak merusak yang lebih fatal lagi," kata Suko Prayitno Adi, Sabtu (24/9/2022).

Suko mengatakan belum ada laporkan korban jiwa akibat gempa ini. 

"Namun kalau dilihat dari intensitasnya kemungkinan kerusakannya hanya kerusakan kecil-kecil saja. Dan namun sampai saat ini belum ada korban dilaporkan meninggal," ujarnnya, mengutip okezonecom.

Sementara itu, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,75° LU ; 95,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 46 Km arah Selatan Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 53 km.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di sejumlah wilayah di Aceh antara lain di Meulaboh, Aceh Selatan, dan Nagan Raya dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kemudian di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan ada truk melintas).

Selain itu, di daerah Pidie, Idi, Bireun, Langsa dan Aceh Tamiang dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])