Dalih Efisiensi, Perusahaan Teknologi Snap Inc PHK 500 Karyawan

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Ilustrasi.  Snap Inc., melakukan PHK terhadap 500 Karyawannya. (Reuters)
Ilustrasi. Snap Inc., melakukan PHK terhadap 500 Karyawannya. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Snap Inc., perusahaan yang menaungi Snapchat, aplikasi pesan dan foto, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 10 persen karyawannya atau 500 orang.

Perusahaan berdalih PHK ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi. Di sisi lain, kondisi ini memperburuk PHK sebanyak 24.000 di perusahaan teknologi pada Januari 2024. 

Melansir Gizmochina, Selasa (6/2/2024), keputusan Snap sejalan dengan tren yang terjadi di dunia teknologi, karena banyak perusahaan melakukan pemangkasan agar tetap kompetitif. 

Efisiensi ini dimaksudkan untuk membantu Snap meningkatkan pekerjaan tatap muka antar tim. Hal ini merupakan langkah strategis untuk menjaga perusahaan tetap kuat dan fokus, di saat industri teknologi sedang menghadapi banyak perubahan.

Snap telah mengalami beberapa kali PHK yang dimulai pada 2022. Hal ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menyelaraskan struktur perusahaan. PHK terbaru ini diperkirakan menelan biaya US$55 juta hingga US$75 juta.

Perusahaan ini juga menjadi sorotan karena dampak media sosial terhadap generasi muda.

CEO Snap Inc., Evan Spiegel baru-baru ini berbicara kepada Komite Kehakiman Senat AS mengenai masalah ini. Terlepas dari tantangan ini, Snap baru-baru ini berhasil meningkatkan pendapatannya dari iklan digital dan mulai membeli kembali saham (buyback) senilai US$500 juta.

Kendati telah buyback, namun harga saham Snap masih berada di bawah harga penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) dan jauh dari puncaknya pada 2021. Hal ini menunjukkan perusahaan sedang melewati masa-masa sulit.

Perusahaan sedang berupaya menemukan jalur terbaik ke depan dalam lanskap teknologi yang berubah dengan cepat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])