Dalam Waktu Dekat Mendagri Serahkan Nama-nama Calon Pj Gubernur DKI

Nusantaratv.com - 23/09/2022 10:04

Mendagri Tito Karnavian. (Net)
Mendagri Tito Karnavian. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkap nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI. Yaitu yang pernah mengurusi Jakarta. 

Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga menjelaskan belum ada keputusan terkait Pj Gubernur DKI.

"Belum ada nama yang diputuskan untuk PJ Gubernur DKI," ujar Kastorius, Kamis (22/9/2022).

Kastorius menjelaskan, Kemendagri telah menerima nama-nama yang diusulkan DPRD DKI. Dalam waktu dekat, Mendagri Tito Karnavian akan menyerahkan nama-nama kandidat Pj Gubernur DKI ke presiden untuk diputuskan.

"Tanggal 16 September kemarin Kemendagri sudah menerima 3 nama kandidat PJ Gubernur hasil musyawarah kesepakatan/usulan DPRD DKI. Ketua DPRD Mas Prasetyo sendiri yang mengantarkan resmi nama usulan DPRD DKI tersebut," kata dia.

"Dalam waktu tidak lama lagi, Bapak Mendagri akan menyampaikan nama-nama kandidat PJ Gubernur ke Bapak Presiden sehingga nanti lewat rapat pembahasan/pertimbangan akhir yang dipimpin oleh Presiden tersebut ditentukan Pj Gubernur DKI," lanjut Kastorius, mengutip Detikcom. 

Sebelumnya, Ma'ruf Amin mengungkap bocoran terkait Pj Gubernur DKI. Dia mengatakan pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta sepenuhnya.

"Saya kira itu sudah ada aturannya seperti daerah-daerah yang lain ya, kan sudah ada kemarin Banten, Bangka Belitung, kemudian mana lagi, Aceh, itu sudah berjalan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Pontianak Convention Centre, Kalbar, Kamis (22/9/2022).

"Nanti periode berikutnya nanti beberapa daerah, termasuk DKI. Saya kira prosesnya akan sama. Seperti itu," sambungnya.

Ma'ruf mengatakan sudah ada aturan dan mekanisme dalam pemilihan Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Namun, dia menegaskan, pemerintah tentunya akan memilih sosok yang punya kompetensi dalam memimpin DKI Jakarta.

"Tentu pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta, orang yang pernah berkecimpung di Jakarta, dan tahu persis soal Jakarta. Nanti siapa orangnya kita harapkan ini sebagai untuk melanjutkan sampai ke 2024, tentu orang jangan tidak tahu Jakarta," ujarnya.

"Kalau tidak tahu Jakarta, kan akan sulit, barangkali itu dan prosesnya seperti biasa, melalui penetapan," imbuhnya.

Diketahui ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in