Daftar 5 Hewan yang Bisa Hidup Lama di Bumi

Nusantaratv.com - 31/07/2022 14:50

Paus Bowhead / WWF
Paus Bowhead / WWF

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Kerajaan hewan menawarkan rentang hidup yang sangat panjang yang jauh melebihi rata-rata manusia. Sementara manusia mungkin memiliki "batas absolut" 150 tahun ini hanya sekejap mata dibandingkan dengan berabad-abad dan ribuan tahun yang dilalui beberapa hewan.  

Meskipun ada hewan darat yang berumur sangat panjang  kura- kura tertua  misalnya, hampir berusia 190 tahun), tidak satu pun dari mereka yang masuk daftar ini dan semuanya hidup di air. Dari yang tua hingga yang tertua, berikut adalah hewan yang hidup paling lama di dunia saat ini.  

1. PAUS BOWHEAD: BERPOTENSI BERUSIA 200 TAHUN

Paus kepala busur ( Balaena mysticetus ) adalah mamalia yang hidup paling lama. Umur pasti paus Arktik dan subarktik tidak diketahui tetapi beberapa kerangka yang ditemukan membuktikan bahwa mereka dapat hidup lebih dari 100 tahun, dan dapat hidup lebih dari 200 tahun, menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Paus memiliki mutasi pada gen yang disebut ERCC1, yang terlibat dengan perbaikan DNA yang rusak, yang dapat membantu melindungi paus dari kanker, penyebab potensial kematian. Selanjutnya, gen lain, yang disebut PCNA, memiliki bagian yang telah diduplikasi. Gen ini terlibat dalam pertumbuhan dan perbaikan sel, dan duplikasinya dapat memperlambat penuaan.

2. IKAN KARANG MATA KASAR: 200 TAHUN

Rockfish Rougheye ( Sebastes aleutianus ) adalah salah satu ikan hidup terpanjang dan memiliki umur maksimum minimal 205 tahun, menurut Departemen Ikan dan Margasatwa Washington. Ikan berwarna merah muda atau kecoklatan ini hidup di Samudera Pasifik dari California hingga Jepang. Mereka tumbuh hingga 38 inci (97 sentimeter) panjangnya dan memakan hewan lain seperti udang dan ikan yang lebih kecil, menurut Komite Status Satwa Liar yang Terancam Punah di Kanada.

3. KERANG MUTIARA AIR TAWAR: 250 TAHUN

Kerang mutiara air tawar ( Margaritifera margaritifera ) adalah bivalvia yang menyaring partikel makanan dari air. Mereka terutama hidup di sungai dan sungai dan dapat ditemukan di Eropa dan Amerika Utara, termasuk AS dan Kanada. Kerang mutiara air tawar tertua yang diketahui berusia 280 tahun, menurut World Wildlife Fund (WWF). Invertebrata ini memiliki rentang hidup yang panjang berkat metabolismenya yang rendah.

Kerang mutiara air tawar adalah spesies yang terancam punah. Populasi mereka menurun karena berbagai faktor yang berhubungan dengan manusia, termasuk kerusakan dan perubahan habitat sungai tempat mereka bergantung, menurut International Union for Conservation of Nature.

4. HIU GREENLAND: 272 TAHUN

Hiu Greenland ( Somniosus microcephalus ) hidup jauh di lautan Arktik dan Atlantik Utara. Mereka dapat tumbuh sepanjang 24 kaki (7,3 meter) dan memiliki makanan yang mencakup berbagai hewan lain, termasuk ikan dan mamalia laut seperti anjing laut, menurut St. Lawrence Shark Observatory di kanada.

Sebuah studi tahun 2016 tentang jaringan mata hiu Greenland, diterbitkan dalam jurnal Science, diperkirakan hiu ini dapat memiliki umur maksimal minimal 272 tahun. Hiu terbesar dalam penelitian itu diperkirakan berusia sekitar 392 tahun. Perkiraan usia datang dengan tingkat ketidakpastian, tetap perkiraan terendah 272 tahun masih membuat hiu ini vertebrata hidup terpanjang di Bumi. 

5. CACING TABUNG: 300 TAHUN

Cacing tabung adalah invertebrata yang memiliki rentang hidup yang panjang di lingkungan laut dalam yang dingin dan stabil. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal The Science of Nature menemukan bahwa Escarpia laminata , spesies cacing tabung yang hidup di dasar laut di Teluk Meksiko, secara teratur hidup hingga 200 tahun, dan beberapa spesimen bertahan selama lebih dari 300 tahun. Cacing tabung memiliki tingkat kematian yang rendah dengan sedikit ancaman alami, seperti kurangnya predator, yang telah membantu mereka berevolusi untuk memiliki rentang hidup yang panjang. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in