Cek FAKTA! Benarkah Air Nanas Panas Bisa Bunuh Sel Kanker?

Nusantaratv.com - 26/06/2022 19:00

Ilustrasi air nanas panas/ist
Ilustrasi air nanas panas/ist

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Meski telah banyak pasien kanker yang dinyatakan sembuh dengan metode pengobatan medis, namun tak sedikit orang yang masih mengandalkan pengobatan herbal untuk mengobati kanker. 

Air lemon dan rebusan daun sirsak termasuk jenis herbal yang dipercaya ampuh membunuh sel kanker. 

Kini muncul lagi klaim di media sosial yang menyebut air nanas panas dapat melepaskan zat antikanker serta membunuh sel kanker. Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor.

Namun, benarkah air nanas panas efektif bunuh sel kanker?

Dokter Ahli Gizi Klinis Luciana B. Sutanto mengatakan, anjuran tersebut tidak memiliki dasar ilmiah dan belum ada bukti penelitian yang menunjukkan air nanas panas dapat mengobati kanker.

Luciana menyatakan narasi air nanas panas itu tidak dapat dijadikan acuan pengobatan kanker.

Luciana menjelaskan, buah nanas memang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas.

Namun, konsumsi buah nanas tidak secara langsung membunuh sel kanker dalam tubuh.

Sementara kandungan antioksidan dalam air nanas juga belum tentu lebih tinggi daripada buahnya.

Luciana menekankan air panas dapat merusak kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah. Vitamin yang larut air seperti vitamin C, dan berbagai macam vitamin B dapat berkurang kandungannya jika dipanaskan, mengutip okezonecom.

"Untuk mengobati kanker enggak bisa sendirian hanya dengan makan buah. Ada pengobatan, ada terapi, enggak cuma dengan makan nanas kita jadi bebas kanker," kata Luciana.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621