Cek Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Pastikan Tak Ada Penumpukan

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Menhub di Cek Bandara Soekarno-Hatta
Menhub di Cek Bandara Soekarno-Hatta

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, meninjau Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/12).

Tinjauan dilakukan untuk memastikan penanganan penumpang di pintu kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19.

Menhub menjelaskan, setiap harinya ada sekitar 3.000 sampi 4.000 penumpang internasional yang datang ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Untuk itu, Menhub meminta kepada PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara, untuk melakukan upaya-upaya mencegah terjadinya penumpukan penumpang.

“Sebagai langkah antisipatif, saya meminta Terminal 2F dibuka dan dimanfaatkan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sehingga tidak terjadi penumpukan di satu titik kedatangan internasional,” kata Menhub.

Menhub juga meminta kepada PT Damri untuk menambah jumlah bus yang membawa pelaku perjalanan internasional ini baik ke wisma atlet maupun hotel-hotel yang telah ditunjuk.

Selain itu, Menhub juga menginisiasi untuk membuka pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

“Karena sekitar 30% pelaku perjalanan internasional ini berasal dari Surabaya dan Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan diskusi hari ini, pihak Bandara Juanda menyatakan sudah siap,” ucap Menhub.

Menhub juga memastikan tidak ada penambahan penerbangan atau extra flight di masa libur Nataru ini.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan,pelayanan pelaku perjalanan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini lebih baik. Ia menyebut, pelayanan penumpang yang akan melakukan karantina, antriannya lebih cepat dan tidak penuh sesak.

Selain itu, Menkes juga memastikan harga hotel untuk karantina telah dibuat transparan dan menggunakan sistem yang lebih jelas, untuk menghindari oknum yang memberikan harga yang tidak wajar.

Adapun Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, pihaknya akan memastikan pengawasan di lapangan dijalankan dengan baik, khusunya untuk memastikan proses karantina benar-benar dilaksanakan. Kapolri juga telah meminta agar pelanggar ketentuan ini dproses secara hukum yang berlaku.

Selain meninjau pelayanan pelaku perjalanan internasional, Menhub dan sejumlah pejabat juga sempat meninjau lokasi vaksinasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini guna memfasilitasi penumpang yang belum melakukan vaksin dua kali.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])