Cegah Varian Omicron, Singapura Cabut Aturan Bebas Karantina

Nusantaratv.com - 22 Desember 2021

Patung Merlion ikon Singapura/ist
Patung Merlion ikon Singapura/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Guna mencegah masuknya varian baru covid-19 Omicron ke wilayahnya, Pemerintah Singapura memutuskan akan menghentikan penjualan tiket perjalanan bebas karantina untuk pengunjung dari luar negeri. 

Kebijakan ini akan berlaku mulai Kamis (23/12/2021) hingga 20 Januari 2022.

Penghentian penjualan tiket bebas karantina berlaku untuk semua penerbangan dan transportasi darat yang masuk ke sana.

"Langkah ini akan membantu kami untuk mengulur waktu demi mempelajari dan memahami varian Omicron, memperkuat pertahanan, meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan, serta memberi lebih banyak vaksin dan booster ke masyarakat," kata Kementerian Kesehatan Singapura, Rabu (22/12/2021).

Kendati demikian, Kemenkes Singapura memastikan, pelancong yang telah memiliki tiket dari program rute perjalanan yang diatur negara itu masih dapat memasuki wilayah Singapura tanpa harus menjalani karantina. Otoritas Penerbangan Sipil dan Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura akan memberikan rincian lebih lanjut tentang jalur perjalanan dimaksud.

Baca juga: Covid-19 Dapat Menular Melalui Sperma? Ini Kata Ahli

Sampai saat ini sudah ditemukan 65 kasus positif covid-19 varian Omicron di Singapura. Puluhan kasus itu merupakan impor atau berasal dari pelancong luar negeri.

Di samping memperketat kembali aturan masuk bagi para pelancong, Singapura juga gencar melakukan vaksinasi warganya. Tercatat sekitar 96% populasi layak vaksin di Singapura sudah mendapat suntikan. Jumlah itu setara 87% dari total populasi Singapura.

Singapura juga sudah memberikan booster vaksin kepada sepertiga dari populasinya. Pemberian vaksin kepada anak-anak berusia 5-11 tahun telah disetujui otoritas setempat dan dimulai pada Senin lalu.

Pemerintah Singapura menegaskan pasca kebijakan ini berakhir nanti, negara tersebut akan mengurangi jumlah orang yang diizinkan untuk masuk Singapura tanpa karantina. Wisatawan yang masuk Singapura dengan fasilitas bebas karantina wajib mengikuti tes PCR saat tiba di sana, dan antigen setiap hari selama 7 hari pertama berada di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])