Catat! New York Larang Penjualan Mobil Bensin Mulai 2035

Nusantaratv.com - 09 September 2021

Suasana lalu lintas di Kota New York, AS. (Car and Driver)
Suasana lalu lintas di Kota New York, AS. (Car and Driver)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gubernur New York, Amerika Serikat (AS), Kathy Hochul menandatangani Undang-Undang (UU) yang melarang penjualan mobil penumpang baru dan truk ringan berbahan bakar fosil mulai 2035.

Ke depannya seluruh kendaraan penumpang dan truk ringan itu akan menjadi model nol emisi. Dilansir dari Reuters, Kamis (9/9/2021), New York bergabung dengan negara bagian California dalam upaya menghilangkan kendaraan bertenaga bensin.

UU mengarahkan pengaturan mengenai jumlah kendaraan nol emisi yang lebih tinggi dengan tujuan 100 persen dari penjualan kendaraan penumpang di negara bagian pada 2035 bertenaga listrik.

Di sisi lain, New York sedikit melonggarkan target serupa untuk kendaraan komersial menengah dan berat pada 2045 jika memungkinkan. Pemerintah AS berupaya mempromosikan penjualan kendaraan listrik untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dan membantu memenuhi tujuan global guna memperlambat perubahan iklim.

Baca Juga: Kebocoran Gas, Ford Setop Produksi Mustang

Pada Agustus lalu, Presiden AS Joe Biden mengambil langkah untuk memangkas emisi gas rumah kaca dengan perintah eksekutif, yang salah satu tujuannya adalah membuat setengah dari semua kendaraan baru yang dijual pada 2030 bertenaga listrik. 

Tindakan itu mendapat dukungan dari produsen mobil di AS. Namun, Biden berulang kali menolak mendukung proposal untuk menghentikan penjualan semua kendaraan bertenaga bensin baru pada 2035.

Tahun lalu, Gubernur California Gavin Newsom menandatangani perintah eksekutif yang melarang penjualan kendaraan penumpang bertenaga bensin baru mulai 2035.

Pada April lalu, New York, California dan 10 negara bagian lainnya meminta Biden menetapkan standar untuk memastikan semua mobil penumpang baru dan truk ringan bebas misi pada 2035.

Kota New York mengatakan pada Rabu (8/9/2021), di mana untuk memenuhi tujuan iklimnya, diperlukan 400.000 dari 2 juta pemilik kendaraan kota untuk beralih ke kendaraan listrik (electric vehicel/EV) pada 2030. Kota ini berjanji untuk menghadirkan 10.000 titik pengisian daya baterai kendaraan listrik di tepi jalan pada 2030.

Negara bagian New York mengatakan sedang mengusulkan peraturan yang mengharuskan persentase dari semua truk menengah dan besar baru yang dijual di New York menjadi nol emisi dimulai dengan model 2025.

Dan, UU yang ditandatangani pada Rabu (8/9/2021) juga berusaha mewajibkan semua kendaraan off-road menjadi model nol emisi pada 2035.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])