Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Saat Hamil

Nusantaratv.com - 08/05/2022 06:22

Mengoleskan cream kaki
Mengoleskan cream kaki

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Saat sedang hamil seorang wanita akan mengalami cukup banyak perubahan dalam tubuhnya yang disebabkan karena perubahan hormon. Salah satu perubahan atau keluhan yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil yaitu masalah pada kulit. Ada beberapa masalah kulit yang biasanya dialami oleh ibu hamil seperti munculnya stretchmark, jerawat hingga tumit kaki menjadi pecah-pecah.
 
Tumit kaki pecah-pecah ketika hamil bisa disebabkan karena postur tubuh yang mengalami perubahan, kenaikan berat badan hingga cara anda berjalan. Nah, untuk membantu mengatasi kondisi tumit pecah-pecah saat hamil, beberapa langkah mudah yang dikutip dari bidanku.com di bawah ini bisa diikuti.

Tumit pecah-pecah saat hamil bisa diatasi dengan mencukupi kebutuhan air putih, melakukan scrub, mengoleskan cream dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa disimak pembahasan di bawah ini.

Minum Air Putih yang Cukup

Ketika sedang hamil, kulit akan rentan mengalami kekeringan. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon yang dapat membuat kulit kehilangan kelembaban serta elastisitasnya. Terlebih lagi jika sebelum hamil kondisi kulit sudah kering. Jika kelembaban alami kulit hilang, maka akan dapat menyebabkan tumit pecah-pecah.

Untuk membantu mengatasi kondisi ini, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan.
Minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit. 

Lakukan Scrub Kaki dengan Rutin.

Perlu bunda ketahui, penyebab tumit pecah-pecah salah satunya yaitu karena sel kulit mati yang mengalami penumpukan.

Angkat sel-sel kulit mati tersebut dengan melakukan scrub kaki. Cara ini akan membuat kulit kaki menjadi halus. Pilih scrub yang aman untuk ibu hamil.

Mengoleskan Cream Kaki

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda tinggal menyiapkan cream khusus untuk kaki guna mengatasi tumit pecah-pecah.

Silakan oleskan foot cream setelah selesai mandi atau ketika tumit anda mulai terasa kering.
Pastikan anda memilih foot cream dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil.

Selain dengan menggunakan cream, anda juga dapat menggunakan foot oil untuk membantu mengatasi tumit pecah-pecah saat hamil. Mengoleskan foot oil akan membantu menjaga kelembaban kaki anda. Foot oil ini bisa diaplikasikan pada bagian tumit sebelum tidur. 

Hindari Merendam Kaki Terlalu Lama

Merendam kaki dengan menggunakan air hangat biasanya dilakukan oleh ibu hamil untuk membantu mengatasi tegang pada kaki. Ibu hamil akan merasa lebih nyaman dan rileks. Hanya saja, merendam kaki terlalu lama akan dapat menarik kelembaban alami kulit.

Nah, apabila ingin merendam kaki menggunakan air hangat, harus memperhatikan waktunya. Hindari merendam kaki terlalu lama. Selain itu, hindari juga merendam kaki dengan menggunakan air yang terlalu panas.

Perubahan kondisi kulit akan mempengaruhi penampilan. Namun, yang terpenting kondisi janin dan ibu tetap sehat. Nah, untuk membantu mengatasi tumit kaki pecah-pecah saat hamil, beberapa langkah alami dan mudah di atas bisa dicoba. Semoga informasi ini bermanfaat.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in