Cara Ampuh TNI AD Tingkatkan Kesejahteraan Warga Papua

Nusantaratv.com - 03 April 2024

TNI AD di Papua (istimewa)
TNI AD di Papua (istimewa)

Penulis: Beno Junianto

Nusantaratv.com - TNI Angkatan Darat (AD) terus berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan kesejahteraan warga Papua melalui berbagai program dan kegiatan seperti pembagian pakaian layak pakai dan pengobatan gratis kepada masyarakat serta anak-anak di Papua.

Seperti dilakukan Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad yang memberikan pelayanan kesehatan kepada anak asli Papua yang kakinya terdapat luka di bagian betis kaki kiri, pada Jumat (29/3/2024), pada keterangan tertulis yang diterima tim Nusantara TV.

Dengan indikasi dari dokter yang melihat luka sudah lama dan terindikasi akan infeksi, dengan sigap Dokter Satgas Lettu Ckm Abdurachman lansung mengambil alat atau ransel pengobatan lalu membersihkan luka dan memberikan obat kepada anak tersebut.

Dansatgas Yonif 509 Kostrad Mayor Inf Dian D Setyadi mengatakan bahwa pengobatan kepada masyarakat di Kampung Mamba dilaksanakan secara gratis, jangan segan untuk masyarakat apabila ada keluhan dan tidak nyaman terhadap kondisi diri masing-masing.

"Ini merupakan upaya kita untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan juga membantu masyarakat Mamba khususnya apabila ada yang emergency bisa memanggil atau datang ke pos," ujar Dian.

Ia pun berharap agar kegiatan yang dilaksanakan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya masyarakat Papua.

“Kami selalu siap untuk masyarakat Mamba khususnya apabila ada yang sakit atau butuh pertolongan khususnya tentang kesehatan kami siap membantu. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat membuat nyaman masyarakat sekitar Pos Mamba,” harapnya.

Sementara itu, prajurit dari Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 323 Kostrad Pos Mayuberi di bawah kepemimpinan Letnan Infantri Yudo, memberikan sumbangan berupa pakaian layak pakai kepada masyarakat di Kampung Mayuberi, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu (30/3/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Lettu Inf Yudo menyatakan bahwa pemberian pakaian tersebut adalah bukti nyata dari cinta dan kepedulian Satgas Pamtas Mobile Yonif 323 Kostrad terhadap masyarakat setempat. Pemberian pakaian ini bertujuan untuk membantu warga yang kurang mampu dan sebagai wujud kecintaan Satgas terhadap masyarakat pedalaman.

“Walaupun bukan pakaian mewah, harapan kami dengan sedikit pakaian yang layak ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kami. Semoga bisa memberikan manfaat kepada saudara-saudara kami di pedalaman,” ujar Yudo.

Dalam kesempatan yang sama, Dansatgas Yonif 323 Kostrad, Letkol Inf Tri Wiratno, menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak warga Papua agar terbiasa dengan budaya saling berbagi dengan sesama. "Hal ini diharapkan dapat mempererat ikatan tali silaturahmi dan persaudaraan antara personel Satgas dengan masyarakat setempat," jelas Tri Wiratno.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])