Canggih! Pabrikan Mobil China Ini Siap Luncurkan Supercar Terbang

Nusantaratv.com - 26/10/2021 16:04

XPeng percaya diri supercar terbang buatannya akan mendapatkan izin beroperasi di jalan. (Carscoops)
XPeng percaya diri supercar terbang buatannya akan mendapatkan izin beroperasi di jalan. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - XPeng, produsen kendaraan elektrik China, mengungkapkan bakal menghadirkan berbagai konsep teknologi baru. Di antaranya yakni supercar terbang dan robot menyerupai kuda poni.

Mobil terbang ini dikembangkan afiliasi XPeng'x Urban Air Mobility, HT Aero. Perusahaan menyebutkan desain mobil yang dibuat ringan dan mekanisme rotor atau baling-baling yang dapat dilipat, seperti dikutip dari Carscoops, Selasa (26/10/2021).

Saat mobil diparkir, dua pintu gullwing akan terbuka, dan rotor berayun ke tempatnya. Setelah itu, baling-baling akan memanjang dan memungkinkan mobil lepas landas serta mendarat secara vertikal.

Bicara style, model ini terlihat seperti supercar futuristik karena menampilkan desain aerodinamis dan roda belakang tertutup sebagian. Mobil terbang ini juga mengusung interior berteknologi tinggi dengan sistem infotainment transparan dan tampilan digital yang terintegrasi ke dalam kemudi.

Pada lingkar kemudi terdapat pembagi pusat dan kontrol unik untuk terbang. Dalam informasi lain, mobil terbang XPeng akan menggunakan sistem bantuan driver XPilot 3.5 pada awal tahun depan. Sistem tersebut akan menampilkan 'solusi fusi persepsi empat kali lipat pertama yang diproduksi secara massal di industri, kamera ganda, sensor radar gelombang LiDAR dan milimeter.

Baca Juga: Startup Jepang SkyDrive Tawarkan Layanan Taksi Terbang di World Expo 2025

Pada paruh pertama 2023, XPeng akan meluncurkan XPilot 4.0. Ini disebut sebagai sistem bantuan pengemudi 'skenario penuh' yang memungkinkan mengemudi dari titik-ke-titik secara otonom. 

Kendaraan ini akan menggunakan kamera teropong depan dengan resolusi 8 juta piksel, kamera tampak samping 2,9 juta piksel, dan dua SoC penggerak otonom Orin-X. Tak hanya itu, mobil terbang ini berencana menanamkan platform SiC produksi massal 800V tegangan tinggi pertama di China, dengan supercharger X-Power generasi baru yang mampu mengisi daya hingga jarak 200 km hanya dalam 5 menit. 

Pada peluncuran nanti perusahaan akan memperkenalkan supercharger 480 kW, teknologi pengisian batere super cepat. XPeng mengatakan peluncuran mobil konsepnya ini akan dipamerkan pada 2024. Perusahaan meyakini mobil terbang canggih besutannya itu bakal mendapatkan izin, sehingga bisa beroperasi secara legal di jalan.

Bersamaan dengan peluncuran mobil terbang, perusahaan China ini juga akan memperkenalkan prototipe robot kuda poni. Robot hewan ini memiliki berbagai fitur canggih, di antaranya fitur penginderaan wajah, tubuh dan suara untuk mengenali banyak pengguna. Teknologi ini berjalan berkat perencanaan rute 3D dan anggota tubuh berteknologi tinggi.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in