Calon Haji Lhokseumawe diminta tidak Mikir Oleh-oleh Tapi Fokus Ibadah

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Pelepasan jamaah calon haji di Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe, Kamis (25/5/2023). (ANTARA/Dedy Syahputra)
Pelepasan jamaah calon haji di Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe, Kamis (25/5/2023). (ANTARA/Dedy Syahputra)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Imran meminta jamaah calon haji daerah setempat yang akan berangkat ke Tanah Suci agar fokus melaksanakan ibadah, sehingga tidak memikirkan oleh-oleh yang bakal dibawa pulang untuk keluarga di kampung.

"Saya minta jamaah haji dari Lhokseumawe agar fokus dalam beribadah. Jangan memikirkan oleh-oleh untuk keluarga dari Mekkah, sehingga menjadi haji yang mabrur," kata Imran saat pelepasan jamaah calon haji di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe, Kamis (25/5) malam.

Ia mengatakan, pada tahun ini jamaah calon haji Kota Lhokseumawe yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 246 orang, di antaranya 143 orang calon haji perempuan dan 103 orang laki-laki.

Dari total 246 calon haji, di antaranya 230 orang diberangkatkan dalam Kloter 4, sembilan calon haji pada Kloter 6 dan selebihnya dalam Kloter 12. Jumlah tersebut terjadi setelah proses mutasi keluar dan masuk para jamaah.

"Alhamdulillah untuk tahun ini jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Lhokseumawe meningkat menjadi 246 orang, sementara tahun lalu sebanyak 130 orang,” katanya.

Hal tersebut, lanjut dia, karena pada 2022 lalu diberlakukan pembatasan usai oleh Pemerintah Arab Saudi lantaran wabah pandemi COVID-19.

"Saya meminta kepada jamaah calon haji untuk dapat menjaga kondisi fisik atau kesehatan agar keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, kata Imran, dirinya juga meminta untuk sama-sama saling menjaga nama baik Aceh, khususnya Kota Lhokseumawe dan tidak membawa barang bawaan yang banyak saat beribadah haji.

"Bawalah barang secukupnya tidak perlu banyak-banyak, karena saat beribadah haji hanya memakai kain ihram," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])