Bupati Manggarai Timur Pantau Hasil Pekerjaan Fisik Sekolah Bantuan Kementerian PUPR

Nusantaratv.com - 01 Februari 2022

Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas saat meninjau hasil pekerjaan fisik renovasi dan rehabilitasi Ruang Kelas Baru di  SDI Bamo, Kecamatan Kota Komba. Foto (Yohanes Marto)
Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas saat meninjau hasil pekerjaan fisik renovasi dan rehabilitasi Ruang Kelas Baru di SDI Bamo, Kecamatan Kota Komba. Foto (Yohanes Marto)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas, meninjau hasil pekerjaan sekolah rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru di Sekolah Dasar Inpres Bamo, Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur pada Senin (31/1/2022).

Ruang Kelas Baru( RKB) tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2021 dengan total anggaran sebesar RP 2.200.000.000 (dua miliar dua ratus juta rupiah) yang bersumber dari dana APBN.

Andreas Agas menjelaskan, sebelumnya pada Sabtu, 29/1/2022 , dirinya bersama tim dari Kementerian PUPR menandatangani surat berita acara penyerahan pengelolaan sementara gedung SDI Bamo dari pihak Kementrian PUPR kepada Bupati Manggarai Timur selaku kepala daerah yang berlangsung di Sentra IKM Rana Tonjong, Kelurahan Rana Loba, Borong.

"Hari ini kunjungannya singkat. Saya hanya mau datang melihat sekolah ini. Dua hari lalu, saya sudah tanda tangan berita acara penyerahan, pengelolaan sementara dari kementerian kepada Bupati. Itu sambil kita menunggu penyerahan resmi aset hibah dari kementerian kepada Pemda Manggarai Timur," jelas Agas.

Agas menjelaskan, pada tahun 2021, Direktorat Jendral (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, merehabilitasi dan merenovasi  5 unit Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Manggarai Timur dengan sumber dana dari APBN 2021. 

"Rehabilitasi dan renovasi 5 unit Sekolah Dasar di Manggarai Timur yang tersebar di 2 wilayah kecamatan diantaranya yaitu SDI Bamo, SDI Ajang, dan SDI Mesi terletak di Kecamatan Kota Komba. Sedangkan dua unit sekolah lainnya terletak di Kecamatan Elar Selatan yaitu SDI Benteng Sipi dan SDI Sopang Rajong di Kecamatan Elar Selatan," jelas Bupati.

Aset Kementerian tersebut, lanjut Agas, akan diserahkan kepada Pemda Manggarai Timur dan tercatat sebagai aset hibah dari Kementrian PUPR. 

"Proses penyerahan aset hibah Kementerian PUPR kepada Pemda Manggarai Timur membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 7 sampai 8 bulan. Dalam surat berita acara yang telah ditandatangani, saya terima untuk pengelolaan sementara," jelasnya

Menurut Agas, program Kementerian PUPR tersebut sejalan dengan visi pembangunan pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yaitu memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas sehingga bisa mendorong kemajuan daerah.

 "Kualitas SDM adalah aspek penting dalam menopang kemajuan suatu daerah. Dengan SDM berkualitas, masyarakat kita mampu mensejahterakan hidup mereka," jelasnya.

Agas menambahkan Pemda Manggarai Timur senantiasa mengedepankan program yang tepat sasaran demi mewujudkan SDM berkualitas, baik formal maupun nonformal, termasuk ketersediaan sarana prasarana penunjang.

 "Pelaksanaan program-program strategis di bidang pendidikan bertujuan untuk memperluas pelayanan pendidikan dan kesempatan belajar bagi masyarakat," jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala SDI Bamo, Bonaventura Sile menjelaskan, jenis bangunan baru di sekolah itu sebanyak 6 item pekerjaan diantaranya, 1 unit Mess Guru, 1 unit gedung Rekon 2 ruangan, 1 unit toilet dengan 4 lubang water closed, 1 unit halaman upacara dengan luas 17,5/11 meter persegi, 1 unit tandon air dan instalasi air dan, tembok penahan tanah (TPT).

"Bangunan rehab terdiri dari Gedung DAK 2 ruangan, gedung PNPM 2 ruangan, gedung perpustakaan 1 unit," jelas Bonaventura.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])