Bunga Amarilis, Antara Manfaat dan Legenda Cinta yang Tragis

Nusantaratv.com - 03 November 2021

Bunga Amarilis (net)
Bunga Amarilis (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Memiliki dan memelihara tanaman bunga selain enak dipandang, juga sangat baik untuk membantu kesehatan. Seperti bunga satu ini, bunga Amarilis.

Rupanya bunga ini mampu membantu gangguan kesehatan pada manusia seperti, mengobati sakit gigi, membantu melancarkan buang air kecil, mengobati penyakit borok, tumor, sakit pinggang atau keseleo.

Untuk mengobati sakit panggang, diperlukan tambahan lain yakni jahe merah. Cara menggunakan adalah jahe merah satu batang dan bunga Amarilis satu batang ditumbuk hingga halus. Setelah mulai halus, balurkan pada bagian pinggang yang sakit.

Sedangkan untuk mengobati keseleo, bunga Amarilis disebut cukup ampuh. Cara dalam menggunakanya sangatlah mudah yakni hanya perlu melayukan bunga ini di dekat api, setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami keseleo.

Nah, itu tadi manfaat dari bunga Amarilis untuk kesehatan. Dibalik keindahannya, bunga Amarilis ternyata menyimpan legenda yakni kisah cinta yang tragis.

Legenda menyatakan bahwa Amarilis Merah memiliki kaitan dengan kisah cinta peri Amaryllis yang jatuh hati kepada seorang gembala bernama Alteo.

Pemuda ini memiliki ketampanan seperti Apollo dan kekuatan seperti Hercules.

Tapi sayangnya, cinta peri Amaryllis bertepuk sebelah tangan. Ia berharap bisa memenangkan hati Alteo dengan meminta nasehat oracle di Delphi.

Sesuai petunjuk, ia pun muncul di depan pintu Alteo dengan mengenakan gaun berwarna putih dan menusuk hatinya dengan panah emas.

Begitu seterusnya hingga hari ke 30 Alteo baru membukakan pintunya. Betapa terkejutnya sang pemuda menyaksikan bunga-bunga cantik berwarna merah bermekaran di sepanjang jalan.

Konon, bunga tersebut berasal dari tetesan darah sang peri. Itulah kenapa bunga amarilis banyak dijumpai berwarna merah. Dari situlah asal mula dari nama bunga Amarilis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])