Bunda Ini Cara Hilangkan Kerak Gosong yang Menempel di Alat-alat Masak

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2021

ilustrasi alat masak
ilustrasi alat masak

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Panci dan beberapa alat masak lain yang gosong adalah pemandangan lumrah di dapur. Terkadang kerak gosong yang menempel di panci atau wajan itu memang ‘bandel’ untuk dibersihkan sehingga perabotan dapur nampak kusam.

Sebenarnya ada beberapa trik dan cara yang cukup mudah untuk membersihkan peralatan dapur dari kerak yang gosong agar kembali kinclong.

Pakar kebersihan dapur Mrs Hinch, yang bernama asli Sophie Hinchliffe, membagikan tips dan rekomendasi cara membersihkan alat dapur. Di salah satu grup Facebook yang memiliki ribuan anggota, ia memberikan cara menghilangkan gosong di panci.

Cara pertama adalah dengan menggunakan sabun bubuk atau deterjen. Caranya adalah taburkan sabun bubuk di atas panci gosong, tambahkan air hingga menutupi tempat yang gosong kemudian didihkan airnya.

Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan beberapa jam hingga sabun bubuk benar-benar bekerja efektif. Gosok dengan lembut dan panci gosong pun kembali kinclong.

Cara kedua adalah dengan menaburkan sabun bubuk dan tambahkan air hangat suam-suam kuku. Lalu tinggalkan semalaman jika memang alat masak tidak digunakan dalam waktu cepat. Dan kemudian cuci dengan lembut keesokan harinya, kemudian Anda akan mendapatkan alat masak yang bersih.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan soda bikarbonat, tablet pencuci piring atau cola. Caranya adalah tambahkan air ke dalam soda bikarbonat hingga membentuk pasta, dan kemudian oleskan ke alat masak yang gosong. Semprotkan cairan cuka ke atasnya dan biarkan beberapa jam, lalu kemudian gosong dengan lembut.

Atau, Anda bisa menambahkan cola ke dalam panci yang gosong, namun cara ini cukup mahal untuk membeli cola. Dan biarkan dalam beberapa jam, kemudian cuci seperti biasa panci gosong tersebut.

Beberapa cara di atas bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerak gosong di alat masak. Mudah bukan bunda.

Sumber: ikutrame.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])