Bulog Sulselbar Siapkan 36 Ribu Ton Beras Medium untuk OP awal 2023

Nusantaratv.com - 26/01/2023 13:43

Ilustrasi suasana aktivitas penjual beras di Pasar Pabaeng-baeng, Makassar yang menawarkan berasnya dengan harga bervariasi sesuai jenisnya. Antara/ Suriani Mappong
Ilustrasi suasana aktivitas penjual beras di Pasar Pabaeng-baeng, Makassar yang menawarkan berasnya dengan harga bervariasi sesuai jenisnya. Antara/ Suriani Mappong

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Perum Bulog Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) menyiapkan stok beras medium sebanyak 36 ribu ton untuk Operasi Pasar (OP) awal 2023. 

"Bulog telah menyiapkan stok beras medium sebanyak 36 ribu ton untuk OP awal 2023," kata Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Sulselbar Bakhtiar AS di Makassar, Rabu.

Berdasarkan data Bulog Sulselbar, diketahui hingga awal Januari 2023 Perum Bulog Sulselbar sudah menyalurkan 22.914 ton beras pada OP di dua provinsi itu. 

Kondisi tersebut dilakukan untuk menekan harga beras medium yang rata-rata dijual di pasaran Rp10 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram (kg) atau lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp9.450 per kg. 

Oleh karena itu, lanjut Bakhtiar, untuk beras jenis medium untuk kemasan 5 kg hanya dapat dijual pedagang sesuai HET seharga Rp47.250 per karung.

Namun, di sejumlah pasar tradisional di Makassar diantaranya Pasar Terong dan Pabaeng-baeng, harga beras medium dijual sudah diatas HET yakni Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per karung. 

Hal itu diakui salah seorang pedagang beras di Pasar Terong, Makassar H Nasrul. 

Dia mengatakan jika membeli beras medium di Bulog harga sesuai HET, namun jika terpaksa beli di toko atau distributor, harganya di atas HET sehingga penjual harus menyesuaikan harga jual ke konsumen.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in